Iklan
Iklan

Janji Manis Jokowi Berikan Sertifikat untuk Warga Pulau Rempang 4 Tahun Lalu, Viral di Medsos

- Advertisement -
Janji manis Jokowi untuk warga Kampung Tua Pulau Rempang empat haun lalu kembali viral. Ketika itu Jokowi melakukan kampanye terbuka di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu sore, 6 April 2019 lalu.

Kampanye terbuka Jokowi di Batam dihadiri ribuan orang. Janji manis Jokowi dengan sejumlah program dia lontarkan kepada masyarakat Batam. Di antaranya pemberian sertifikat tanah bagi masyarakat Batam yang bermukim di Kampung Tua.

“Akan kami lakukan segera. Kami sertifikatkan. Maksimal tiga bulan kami selesaikan,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi ketika itu dia juga menjanjikan akan menyelesaikan pembangunan Jembatan Batam-Bintan. Jembatan ini menghubungkan dua pulau, yakni Pulau Batam dan Pulau Bintan.

“Minggu depan saya kirim tim untuk segera mengecek ke Batam. Agar dibuatkan Detail Engineering Design-nya. Akan kami bangun untuk meningkatkan perekonomian di Kepri,” ujarnya.

Namun, janji manis Jokowi pada saat kampanye Pilpres empat tahun lalu justru berujung pengusiran. Ribuan warga Kampung Tua bahkan akan dipindahkan ke Pulau Galang. Sertifikat yang dijanjikan tak pernah ada.

Parahnya, masyarakat Melayu yang sudah ratusan tahun menempati daerah tersebut dan menolak dipindahkan.

Padahal ada 16 lokasi di Kampung Tua yang harus dipindahkan untuk mengembangkan Proyek Rempang Eco City. Di sisi lain, masalah yang menyelimuti Proyek Strategis Nasional Rempang Eco City disinyalir juga karena masyarakat tak memiliki sertifikat tanah.

“Jadi, masyarakat yang menempati Pulau Rempang itu tidak ada sertifikat karena memang dulu, semuanya ada di bawah otorita Batam,” Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto dalam Rapat Kerja bersama Komisi II DPR RI di Jakarta, dikutip dari Antara.

Padahal, Presiden Joko Widodo pernah membahas masalah sertifikat tanah kepada masyarakat Kampung Tua saat dirinya masih berstatus capres 4 tahun lalu pada Pilpres 2019, Jokowi pernah mengumbar janji akan memberikan sertifikat tanah bagi masyarakat Kampung Tua.

Melalui platform X (Twitter), seorang pengguna akun bernama @never_alonely mengunggah video orasi Jokowi saat berhadapan dengan masyarakat Kampung Tua.

“Kepercayaan warga Kampung Tua dengan menangnya suara Jokowi di Batam justru dibalas dengan penggusuran. Masih percaya dengan janji-janji kampanye?” tulis akun tersebut.

Unggahannya itu kemudian banyak dikomentari oleh warganet dengan berbagai reaksi. Sebagian besar menyindir bahwa Jokowi sudah menepati janjinya.

“Memang nggak salah janji Jokowi. Kampung Tua dikasih sertifikat ke investor. Janji ditunaikan,” komentar seorang warganet.

“Bapak Ibu mohon videonya disimak dengan baik. Janji itu ditepati kok. Janji kampanye beliau kan Kampung Tua disertifikatkan maksimal 3 bulan, sekarang sudah ada sertifikat dan pemilik sah di mata hukum kan? Ya kan beliau tidak janji sertifikatnya milik siapa toh,” komentar netizen lain.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa konflik agraria di Pulau Rempang, Batam karena sebatas salah komunikasi. Hal itu diucapkannya saat menghadiri acara Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta pada Rabu (13/9/2023).

“Ini hanya salah komunikasi saja, di bawah salah mengkomunikasikan saja. Diberi ganti rugi, diberi lahan, diberi rumah tapi mungkin lokasinya belum tepat itu yang harusnya diselesaikan,” ujarnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA