Iklan
Iklan

Jenderal Dudung Abdurachman Dikabarkan akan Gantikan Orang Dekat Megawati sebagai Kepala BIN

- Advertisement -

Eks Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dikabarkan akan diangkat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara atau Kepala BIN usai posisinya digantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Jenderal Dudung Abdurachman lengser menyusul masa tugasnya yang akan berakhir pada 19 November 2023 mendatang.

Isu Dudung akan diangkat sebagai Kepala BIN menggantikan posisi orang dekat Megawati Soekarnoputri, Budi Gunawan berembus jelang reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi kemarin. Isu tersebut berbarengan dengan hampir habisnya masa bakti Dudung di TNI.

Dudung pun menjawab soal isu dirinya akan ditunjuk menjadi Kepala BIN. Saat ditemui di Kompleks Istana Negara pada Rabu, 25 Oktober, pihaknya mengaku belum tahu isu tersebut.

Sejauh ini, kata dia, belum ada penugasan baru dari Jokowi. Pembicaraan soal jadi Kepala BIN juga belum pernah dibicarakan Jokowi dengannya.

“Saya belum tahu,” ujar Dudung saat hendak menghadiri pelantikan KSAD Jenderal Agus Subiyanto di Istana Kepresidenan.

Dudung mengatakan dirinya belum ada rencana kegiatan setelah purnatugas pada November nanti. Kendati demikian, pihaknya membuka diri terhadap kemungkinan mendapat jabatan baru. Eks KSAD ini menyerahkan hal itu sepenuhnya kepada Jokowi.

“Saya tegak lurus kepada Bapak Presiden,” kata Dudung.

Saat pensiun, Dudung enggan berpolitik dan pernah mengatakan ingin menjadi petani setelah pensiun.

“Iya saya mau bertani saja lah,” kata Dudung kepada wartawan setelah Sidang ke-43 General Border Committee di Hotel St Regis pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Ketika ditanya apakah tertarik pada politik, sembari tertawa ia menjawab, “Enggak lah, saya enggak berpolitik. Mau nyangkul aja.”

Keinginan Dudung itu senada dengan Panglima TNI Yudo Margono yang juga akan pensiun pada 26 November 2023 mendatang. Yudo Margono mengungkapkan rencananya ini saat ditemui di Markas Besar TNI, Jakarta, pada 6 Oktober 2023 lu. Setelah pensiun, Yudo Margono bermaksud untuk kembali ke asalnya, sebagai seorang petani.

“Ya, bertani. Wong sudah pensiun. Saya dari tani, pensiun, ya, bertani lagi,” kata Yudo.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA