Beranda INTERNASIONAL Jepang Umumkan PM Baru Fumio Kishida

Jepang Umumkan PM Baru Fumio Kishida

pm jepang Fumio Kishida
Fumio Kishida secara resmi menjabat sebagai perdana menteri baru Jepang, menggantikan Yoshihide Suga yang mengundurkan diri setelah hanya satu tahun menjabat.

Kishida, 64, memenangkan pemilihan sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang pekan lalu.

Dia akan menghadapi berbagai masalah sulit, termasuk pemulihan ekonomi pascapandemi dan ancaman dari Korea Utara.

Dia juga berharap untuk dapat membantu partainya mendapatkan kembali popularitas setelah dorongan yang tidak populer untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo.

pm jepang Fumio Kishida

Langkah untuk melanjutkan acara tersebut dilakukan meskipun ada tentangan publik yang besar karena kekhawatiran atas lonjakan kasus Covid.

Suga memutuskan untuk mundur sebagai perdana menteri setelah satu tahun menjabat karena jatuhnya peringkat jajak pendapat yang disebabkan oleh penanganan pandemi.

Kishida sekarang akan memimpin LDP ke dalam pemilihan umum yang harus diadakan pada bulan November. Laporan media lokal mengatakan Kishida diperkirakan akan mengadakan pemilihan pada 31 Oktober.

Anggota kabinet baru di bawah Kishida akan diumumkan hari ini.

pm jepang Fumio Kishida

“Saya pikir ini akan menjadi awal baru dalam arti sebenarnya,” katanya kepada wartawan. “Saya ingin menghadapi tantangan dengan kemauan yang kuat dan tekad yang kuat untuk menghadapi masa depan.”

Dia telah lama menargetkan peran perdana menteri, dan kalah dari Suga dalam jajak pendapat tahun lalu.

Kishida dikenal sebagai politisi moderat-liberal sehingga dia diharapkan untuk mengarahkan partai konservatif yang berkuasa itu sedikit ke kiri.

pm jepang Fumio Kishida

Sementara para pengkritiknya menggambarkan dia sebagai orang yang hambar dan membosankan, dia sudah lama terlihat di dalam partai sebagai pemimpin masa depan.

Dia juga dikenal mendapat dukungan dari politisi veteran partai.

Tetapi untuk mempertahankan dukungan mereka, Kishida mungkin harus mengikuti reformasi partai dan memastikan dia juga memenuhi unsur-unsur konservatifnya.

BACA JUGA  Aparat Myanmar Bunuh 38 Demonstran dalam 1 Hari

Jika dia gagal melakukannya, Kishida berisiko meniru Suga dalam masa jabatan yang singkat sebagai pemimpin Jepang, menandakan kembalinya era “pintu putar” pra-Abe dengan hadirnya enam perdana menteri antara 2006 dan 2012.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaToraja And Beyond Tourism Week Meningkatkan Daya Beli Poduk UMKM
Artikel berikutnyaGubernur Gorontalo Minta Kepada Warganya Memaklumi Sikap Mensos Risma