Iklan
Iklan

JK Telepon Sri Mulyani Jangan Takuti Rakyat soal Resesi

- Advertisement -
Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menegur Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk tidak menakut-nakuti masyarakat terkait perekonomian yang suram di tahun depan. Teguran tersebut ia sampaikan melalui sambungan telepon.

JK mengatakan, “Saya justru selalu bilang ke Sri Mulyani, ‘jangan sering beri takut-takut, tahun depan akan kiamat’. Saya telepon jangan begitu, jangan kasih takut ke semua orang, ini negeri luas,” dalam Gala Dinner 70th Kalla di Hotel Kempinski Jakarta, Jumat (28/10).

Menurut JK, Sri Mulyani menanggapi teguran dengan baik dan berterima kasih. Pasalnya, JK telah bekerja sama dengan Sri Mulyani pada periode kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo.

“Responsnya tentu senang, baik, dan berterima kasih. Sudah lama (kita) bekerja sama,” ujarnya dikutip dari kumparan.

Jusuf Kalla menekankan, apabila masyarakat selalu pesimistis, orang kaya memilih untuk tidak bekerja dan menyimpan dolar dan emas. Kondisi tersebut menyebabkan ekonomi akan macet.

“Jangan dikasih takut-takut, bahwa hati-hati iya nanti resesi. Kalau terjadi inflasi, industri di Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi akan masuk, justru akan untung,” tuturnya.

JK meminta masyarakat akan menghadapi bersama-sama jika terjadi krisis. Ia menilai tidak ada krisis energi dan pangan di Indonesia.

“Tidak ada krisis energi dan pangan. Di mana krisis energi dan krisis pangan di Indonesia? Kita punya beras masih cukup, berbeda dengan negara lain,” sambungnya.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengungkapkan bahwa saat ini kondisi global semakin memburuk. Kombinasi inflasi yang tinggi dan pengetatan moneter semakin memojokkan ekonomi banyak negara menuju pelemahan.

Sri Mulyani memprediksi Amerika Serikat, Inggris, China dan Eropa menjadi negara-negara yang sulit mengelak dari resesi.

“Ini adalah konteks yang sedang dan akan terus kita kelola hari ini dan tahun 2023. Bahkan kemarin pembahasan persoalan kompleks ini akan berlanjut ke 2024,” ungkap Sri Mulyani.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA