Iklan
Iklan

Jurnalis Filipina Juan Jumalon Dibunuh Saat Siaran Langsung di Rumahnya

- Advertisement -

Jurnalis Filipina, Juan Jumalon ditembak hingga tewas saat siaran langsung di rumahnya di sebuah kota di Filipina. Jurnalis Filipina yang juga dikenal sebagai ‘DJ Johnny Walker’ ini ditembak oleh orang tak dikenal, Minggu (5/11/2023) pagi.

Pembunuhan jurnalis Filipina ini menyulut reaksi keras dari Persatuan Jurnalis Nasional Filipina (NUJP). Bahkan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr mengutuk keras pembunuhan tersebut dan memerintahkan polisi melakukan penyelidikan untuk membawa para pelaku ke pengadilan.

“Serangan terhadap jurnalis tidak akan ditoleransi dalam demokrasi kita, dan mereka yang mengancam kebebasan pers akan menghadapi konsekuensi penuh atas tindakan mereka,” ujar  Marcos dalam sebuah postingan di platform X.

Pengawas media NUJP juga mengutuk “pembunuhan kurang ajar” yang terekam dalam siaran langsung acara Jumalon. Rumah Jumalon di Calamba, Misamis Occidental berfungsi sebagai stasiun radionya, Calamba Gold FM.

Pembunuhan Jumalon menambah jumlah jurnalis Filipina yang terbunuh sejak Marcos menjabat pada Juni 2022 menjadi 4 orang, dan menjadi 199 sejak demokrasi dipulihkan di Filipina pada 1986. Angka tersebut termasuk 32 orang yang terbunuh dalam satu insiden pada tahun 2009.

Filipina merupakan salah satu negara dengan lingkungan media paling liberal di Asia, namun tetap menjadi salah satu tempat paling berbahaya di dunia bagi jurnalis, khususnya di provinsi-provinsinya.

Negara ini menempati peringkat kedelapan negara terburuk dalam hal mengadili pembunuh jurnalis, menurut Indeks Impunitas Global 2023 yang dirilis oleh Komite Perlindungan Jurnalis minggu ini.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Nini zuraida desri
7 months ago

AMIN Inn Syaa Allah Menang.
Pak Anies Baswedan pilihan kami

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA