Iklan
Iklan

Jusuf Kalla: Hasil Survei Capres Tidak Menggambarkan Suara Rakyat

- Advertisement -
Hasil survei Capres tidak menggambarkan hasil Pilpres 2024. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan 12 Muhammad Jusuf Kalla atau JK.

Jusuf Kalla menyampaikan hal tersebut ketika diminta menanggapi elektabilitas hasil survei Capres, Anies Rasyid Baswedan yang masih berada di bawah Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Namun menurutnya, hasil survei Capres tidak menggambarkan hasil Pilpres 2024.

“Pilihan dari pada 1.200 orang pada pemilih 205 juta itu tidak menggambarkan itu. Ada caranya, tapi saya kira pasti tidak terlalu akurat,” ujar Jusuf Kalla di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (31/7/2023).

JK sendiri berkaca kepada pemilihan presiden di Amerika Serikat pada 2016. Saat itu, Donald Trump memiliki elektabilitas yang lebih rendah dari Hillary Clinton, tetapi ia dapat memenangkan kontestasi tersebut.

“Waktu di DKI juga Anies terendah kan, posisi tiga, tapi kemudian dia terpilih. Itu lebih kecil, kurang lebih tujuh juta pemilih diwakili 1.200. Apalagi 1.200 yang disurvei dengan jumlah pemilih 205 juta, itu kan tidak mudah membawa ke situ,” kata JK.

Sementara, Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya menanggapi hasil lembaga survei asal Australia, Utting Research terkait elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Rasyid Baswedan. Hasilnya, angka keterpilihan Ganjar (34 persen), Prabowo (33 persen), dan Anies (27 persen).

Willy mengatakan, sebanyak 18 persen publik ingin adanya keberlanjutan pemerintahan saat ini, seperti yang ditawarkan Ganjar dan Prabowo. Sedangkan 81 persen sisanya menginginkan adanya perubahan.

“Sebanyak 81 persen menginginkan perubahan. Baik yang menginginkan keberlanjutan dengan perubahan 61 persen dan perubahan penuh 20 persen,” ujar Willy, Minggu (30/7/2023).

Survei tersebut menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Indonesia menginginkan perubahan yang digagas oleh Anies. Angka dari Utting Research semakin menunjukkan kehendak publik terhadap gagasan tersebut.

“Dengan angka-angka ini setidaknya kita tahu bahwa realitas perubahan yang diinginkan sebagian besar rakyat itu representasinya ada pada Anies Baswedan. Dari keinginan dan harapan rakyat untuk perubahan ini, sebenarnya Anies Baswedan mengalami kenaikan signifikan,” kata Willy.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA