Iklan
Iklan

Kabar Buruk dari Erick Thohir Terkait Proses Naturalisasi 3 Pemain Keturunan

- Advertisement -

Ada kabar buruk dari Erick Thohir usai Ketua Umum PSSI ini mengumumkan perkembangan terbaru terkait proses naturalisasi tiga pemain keturunan.

Ketiga pemain yang sedang dalam tahap naturalisasi adalah Justin Hubner dari Wolverhampton Wanderers U-21, Jay Idzes dari Venezia FC, dan Nathan Tjoe-A-On dari Swansea City FC.

Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN, sebelumnya telah memastikan bahwa administrasi Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes sudah diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Sementara untuk proses naturalisasi Justin Hubner dipastikan sudah memasuki tahap akhir. Erick Thohir tidak menjelaskan secara rinci sampai di mana proses naturalisasi Nathan hingga Jay. Namun, proses untuk Justin Hubner sudah berada dalam tahap akhir.

Saat ini PSSI tengah menunggu Keputusan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. PSSI masih menunggu dan tak bisa menjamin kapan Surat Keputusan (SK) dari Presiden RI diterima.

Apabila SK Presiden turun, tentu saja Justin Hubner hanya tinggal membutuhkan satu langkah lagi untuk bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dia hanya membutuhkan pengambilan sumpah sebagai WNI.

Dengan begitu, Justin Hubner diharapka bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Namun, terkait hal ini, Erick Thohir tak bisa menjamin.

Dia ditanya apakah proses naturalisasi tiga pemain yang tengah berlangsung saat ini bisa selesai sebelum Piala Asia 2023 bergulir atau tidak.

Namun, Erick Thohir tak bisa memberikan jaminan, apalagi untuk Jay dan Nathan.

Administrasi keduanya masih berada di DPR sehingga masih membutuhkan beberapa langkah lagi untuk bisa masuk ke Sekretariat Negara dan menunggu SK Presiden.

Saat memberikan jawaban, Erick Thohir tak bisa menjamin bahwa naturalisasi tiga pemain ini bisa selesai sebelum Piala Asia 2023.

Seperti diketahui, Piala Asia 2023 bakal berlangsung pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Ajang ini bakal berlangsung di Qatar dan akan diikuti oleh 24 peserta.

Dalam ajang ini, Timnas Indonesia dipastikan bergabung dalam Grup D bersama Jepang, Vietnam, dan Irak.

Tiga tim ini adalah lawan berat bagi Timnas Indonesia, untuk itu dibutuhkan kekuatan tambahan agar Tim Merah Putih bisa tampil kompetitif.

Karenanya, naturalisasi Justin Hubner hingga Nathan Tjoe-A-O diharapkan selesai sebelum Piala Asia 2023 bergulir.

Namun, dengan tegas Erick Thohir mengatakan bahwa soal keputusan selesainya proses naturalisasi itu bukan lagi masuk ranahnya. Oleh karena itu, dia tak bisa menjamin naturalisasi selesai sebelum Piala Asia 2023 bergulir.

“Oh, tidak bisa menjamin naturalisasi selesai sebelum Piala Asia,” ujar Erick Thohir kepada awak media termasuk BolaSport.com di Kawasan Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2023).

“Karena soal itu ada prosesnya,” tegas Ketum PSSI.

Namun, Erick Thohir mengaku akan lebih senang apabila proses naturalisasi tersebut bisa selesai lebih cepat. Pasalnya, kemampuan Justin dan Nathan sangat dibutuhkan untuk menambah kuat lini belakang Timnas Indonesia.

Erick menegaskan bahwa dia tak bisa berbuat banyak dan proses naturalisasi harus diikuti.

“Kalau bisa selesai sebelum Piala Asia 2023 memang lebih bagus,” tutur Erick Thohir.

Melihat situasi saat ini, peluang tiga pemain ini untuk tampil membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 pun langsung menjadi tanda tanya besar.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA