Kaesang Pangarep Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024

- Advertisement -

Kabar Kaesang Pangarep maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 kini mulai menyebar, setelah batal menjadi calon wali kota atau Cawalkot Depok. Kini Ketua Umum (Ketum) PSI tersebut digadang-gadangkan akan menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta.

Pertimbangan Kaesang Pangarep maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 disampaikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI DKI Jakarta, berdasarkan hasil Rembuk Rakyat nyaris tak bisa dijalankan lagi, setelah Gibran Rakabuming Raka dicalonkan sebagai cawapres Prabowo Subianto.

Mekanisme PSI dalam memilih jagoan di kontestasi politik itu mulanya mengamanatkan kepada Wali Kota Solo tersebut untuk menjadi calon gubernur (Cagub) DKI. Gibran yang baru dua tahun memimpin Solo tersebut langsung berlaga di Pilpres 2024.

Suami Selvi Ananda itu diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, PSI, Garuda, Gelora dan Prima, untik menjaadi cawapres pendamping Prabowo Subianto.

Prabowo-Gibran pun sudah mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023) kemarin.

Soal Kaesang Pangarep maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 diucapkan oleh Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Elva Qolbina.

Sebelumnya, Rembuk Rakyat PSI untuk Pilkada DKI memilih Gibran untuk menjadi Cagub.

Voting Rembuk Rakyat itu sempat digelar PSI pada 7 Mei dan berakhir pada 22 Juni 2023.

Gibran berada di urutan pertama hasil poling Rembuk Rakyat PSI setelah memperoleh 26,13 persen suara mengalahkan delapan nama lainnya.

Di urutan kedua ada nama Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono sebesar 16,77 persen dan Wakil Dewan Pembina Partai PSI, Grace Natalie di urutan ketiga dengan 15,7 persen.

Selanjutnya, di urutan empat ada nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan 15,20 persen suara, diikuti Menteri Sosial, Tri Rismaharini 13,7 persen, dan KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman di urutan enam dengan 8,85 persen.

Di urutan tujuh ditempati Wali Kota Bogor, Bima Arya 1,88 persen, Kabarharkam Polri, Komjen Muhammad Fadil Imran 1,35 persen dan terakhir ada nama Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dengan 0,97 persen.

11.160 warga yang menyuarakan pilihannya melalui laman Rembuk Rakyat PSI DKI Jakarta.

“Kami PSI DKI akan berkoordinasi kembali dengan DPP mengenai kelanjutan Rembuk Rakyat Jakarta.”

“Karena kandidat yang dipilih, Mas Gibran mendapatkan amanah yang lebih tinggi untuk berkontestasi di Pilpres 2024 sebagai Cawapres dari Pak Prabowo,” ujarnya, Kamis (26/10/2023).

Bila pasangan Prabowo-Gibran menang di Pilpres 2024 mendatang, maka bukan tidak mungkin PSI mendorong Kaesang Pangarep maju di Pilkada DKI Jakarta 2024 mendatang.

Meski demikian, Elva menyebut, pihaknya masih menunggu hasil Pilpres 2024 mendatang.

Selain itu, DPW PSI DKI juga harus berkonsultasi lebih dulu terkait sosok yang akan diusung di Pilkada DKI.

“Terkait Pilgub kami akan berkoordinasi kembali dengan DPP,” ujarnya.

Sebelumnya, nama Kaesang santer disuarakan maju pada Pilkada Depok 2024. Sejumlah kelompok relawan hingga partai, termasuk PSI, sudah mendeklarasikan diri siap mendukung bungsu Jokowi itu.

Namun seiring berjalan waktu, Kaesang justru resmi diumumkan menjadi Ketum PSI pada Senin (25/9/2023).

Usai menjadi Ketum, Kaesang mengatakan, akan mencari tokoh nasional untuk menggantikannya menjadi Cawalkot Depok.

Suami Erina Gudono itu mengaku akan fokus membawa PSI memenangkan Pemilu 2024.

“Sekarang saya fokusnya memenangkan PSI di Pemilu 2024.”

“Nanti di Pilkada ya mungkin, kalau bukan saya kita cari tokoh nasional lain yang memang punya kapabilitas untuk berjuang dan membuat Depok jauh lebih baik,” ujar Kaesang.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA