Iklan
Iklan

Kapal KM Karya Indah Membawa 181 Penumpang dan 14 ABK Terbakar di Maluku Utara

- Advertisement -
Kapal penumpang KM Karya Indah dari Ternate tujuan Pelabuhan mengalami kebakaran dalam perjalanan. Kapal yang membawa 14 ABK dan 181 penumpang ini terbakar pada Sabtu, 29 Mei 2021. Kini tim SAR tengah dikerahkan untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

KM Karya Indah terbakar pada pukul 07.03 WIT namun belum diketahui apa penyebabnya. Lokasi peristiwa kebakaran itu terjadi pada 5 mil arah Timur Laut Pulau Lifamatola atau tak jauh dari Desa Waisum dan Waisakai, Kecamatan Mangoli Utara Timur, Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Sebelumnya KM Karya Indah bertolak dari Pelabuhaan Ahmad Yani Ternate pada Jumat, 28 Mei 2021.

Muhamad Arafah, Kepala Basarnas Ternate mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, kapal penumpang KM Karya Indah itu mengalami kebakaran satu jam sebelum tiba di Pelabuhaan Sanana.

“Saat ini tim Rescue Unit Siaga SAR Sanana sudah diberangkatkan menuju lokasi kejadian peristiwa untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan. Estimasi Waktu tiba di Lokasi pukul 10.23 WIT,” ujar Muhammad Arafah, Sabtu 29 Mei 2021.

Sebanyak 181 penumpang dan 14 anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Karya Indah yang mengalami kebakaran di tengah lautan Maluku Utara (Malut) telah dievakuasi. Kepala KSOP Kelas II Ternate Affan Tabona menyatakan seluruh penumpang kapal selamat.

“Saat ini proses evakuasi terhadap 14 ABK dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat,” kata Affan lewat keterangan tertulis, Sabtu (29/5/2021).

KM Karya Indah merupakan kapal penumpang berukuran GT 1.148 dengan kapasitas 300 orang. Dalam video yang beredar, tampak seluruh penumpang mengenakan pelampung. Mereka tampak sudah berada di perairan dan ada yang masih bertahan di atas kapal.

Di antara mereka bahkan ada yang terlihat melompat ke laut. Sementara itu, di kapal tersebut terlihat api menyala dan asap hitam tebal membubung.

Para penumpang dievakuasi ke Desa Waisum, tidak jauh dari lokasi kapal terbakar. Nantinya mereka akan dibawa ke Sanana.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA