Iklan
Iklan

Kebangkitan Taliban Picu Islamofobia di India

- Advertisement -
Kembalinya kekuasaan Taliban di Afghanistan menyebabkan gelombang Islamofobia terhadap minoritas Muslim dari kelompok supremasi Hindu India.

Politisi Muslim, penulis, jurnalis, influencer media sosial, dan warga biasa telah menjadi target kampanye kebencian yang diluncurkan oleh kelompok sayap kanan negara itu, termasuk anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa.

Segera setelah Taliban menggulingkan pemerintah yang didukung Barat bulan lalu, tagar #GoToAfghanistan mulai menjadi tren di media sosial India, pengulangan kampanye #GoToPakistan yang diluncurkan oleh kelompok sayap kanan yang ingin mengubah India menjadi negara etnis Hindu.

taliban islamofobia india

“Kata Taliban atau Talibani sengaja dimasukkan ke dalam kosakata massa oleh kedua sisi spektrum – orang-orang yang mungkin anti atau pro-BJP,” penyair dan aktivis Hussain Haidry mengatakan kepada Al Jazeera.

“Itu dilakukan seperti istilah Pakistan atau ‘jihadi’ atau ‘aatankwadi’ (teroris) dilontarkan sebagai cercaan terhadap Muslim.”

Tak lama setelah Taliban mengambil alih Kabul, politisi BJP Ram Madhav menyebut pemberontakan Moplah 1921 sebagai salah satu manifestasi pertama dari “mentalitas Taliban” di India.

taliban islamofobia india

Madhav berbicara di sebuah acara untuk menandai 100 tahun sejak pemberontakan petani melawan pemerintahan kolonial Inggris dan sistem feodal di negara bagian selatan.

Dalam insiden lain, laporan media mengatakan warga Muslim di negara bagian tengah Madhya Pradesh mengangkat slogan-slogan pro-Pakistan selama prosesi Muharram. Kepala menteri negara bagian BJP mengomentari laporan tersebut, dengan mengatakan dia “tidak akan mentolerir mentalitas Taliban”. Dua hari setelah komentarnya, situs web pemeriksa fakta terkemuka Alt News membantah laporan itu.

Di negara bagian Assam di timur laut, 15 Muslim, termasuk cendekiawan Islam, politisi dan jurnalis lokal, ditangkap karena diduga “mendukung” Taliban di pos media sosial dan didakwa di bawah Unlawful Activities (Prevention) Act (Undang-Undang Pencegahan Aktivitas Melanggar Hukum) atau UAPA, undang-undang anti-teror yang menyebabkan puluhan warga Muslim dan kritikus pemerintah lainnya berada di balik jeruji besi.

taliban islamofobia india

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA