Iklan
Iklan

Kepala Pusing Ketika Berdiri? Ini Penyebabnya!

- Advertisement -
Beberapa orang cukup sering merasa pusing, tetapi itu bisa terjadi pada siapa saja – dan mungkin ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

Jika Anda pernah merasa pusing ketika berdiri terlalu cepat, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi.

Tergantung pada penyebabnya, itu mungkin bukan masalah jangka panjang. Tetapi jika Anda merasa pusing ketika berdiri atau benar-benar kehilangan kesadaran, konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin.

“Perasaan bahwa Anda akan pingsan disebut ‘prasinkop,’” kata Lia F. Crispell, praktisi perawat terdaftar bersertifikat di ConvenientCare di Wilkes-Barre. “Itu terjadi ketika otak tidak mendapatkan cukup darah, oksigen, atau glukosa untuk berfungsi dengan baik, bahkan untuk sesaat.”

pusing ketika berdiri

Penyebab umum sakit kepala ringan

Orang yang mengalami prasinkop biasanya mengabaikannya dan melanjutkan hari mereka. “Ini bukan ide yang baik karena beberapa penyebabnya bisa serius. Itu selalu yang terbaik untuk mendapatkan diagnosis dari dokter,” kata Crispell. Terutama karena pusing ketika berdiri bisa menjadi gejala dari kondisi medis yang mendasarinya.

Kemungkinan penyebab prasinkop meliputi:

Hipotensi ortostatik

Juga disebut hipotensi postural, ini adalah sakit kepala yang terkadang Anda rasakan saat berdiri. Itu bisa terjadi pada siapa saja – dan itu cenderung terjadi lebih sering jika Anda minum obat tertentu dan seiring bertambahnya usia.

Aritmia jantung

Kondisi ini (juga dikenal sebagai detak jantung abnormal) adalah ketika jantung Anda berdetak terlalu cepat, terlalu lambat, atau dengan cara yang menyebabkan penurunan suplai darah ke otak secara tiba-tiba. Semua ini bisa membuat Anda merasa pusing ketika berdiri.

pusing ketika berdiri

Obat-obatan

Obat-obatan yang diresepkan untuk rasa sakit, kondisi jantung dan tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi sistem peredaran darah Anda dan merasa pusing. Jika itu sering terjadi, bicarakan dengan dokter untuk menyesuaikan dosis.

Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menyebabkan mual, lemas, pusing, tekanan darah rendah dan pusing. Kabar baiknya, Rehidrasi akan meringankan gejala dengan cepat.

Anemia

Anemia adalah kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang sehat dalam darah, yang membawa oksigen ke organ – termasuk otak. Ciri khas anemia adalah kelelahan, tetapi juga bisa menyebabkan perasaan akan pingsan dan pusing.

Neuropati otonomik

Penyakit saraf ini mengganggu sinyal listrik antara otak dan jantung, pembuluh darah dan kelenjar keringat. Perasaan pusing berasal dari efeknya pada detak jantung dan tekanan darah.

pusing ketika berdiri

Stres dan serangan panik

Pernah mengalami serangan kecemasan? Anda mungkin bernapas lebih cepat dan dalam, yang keduanya dapat menyebabkan pingsan dan pusing ketika berdiri.

Apa yang harus dilakukan jika Anda merasa pusing?

Saat Anda merasa pusing ketika berdiri, berbaring atau duduk dan letakkan kepala Anda di antara lutut.

“Hal terpenting yang harus dilakukan jika Anda merasa pusing adalah pergi ke tempat yang aman,” kata Crispell. “Dengan melakukan itu, jika Anda kehilangan kesadaran, Anda akan terhindar dari cedera karena jatuh atau kepala terbentur.”

Setelah rasa pusing berlalu, hubungi penyedia layanan kesehatan sesegera mungkin untuk pemeriksaan. Seorang tenaga medis profesional yang terlatih dapat menentukan penyebab pasti dari prasinkop.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA