Iklan
Iklan

Kelompok HAM Sebut Israel Rezim Apartheid

- Advertisement -
Sebuah kelompok hak asasi manusia terkemuka mulai menggambarkan Israel dan kontrolnya atas wilayah Palestina sebagai satu rezim “apartheid“, menggunakan istilah eksplosif yang ditolak keras oleh para pemimpin negara tersebut dan pendukungnya.

Dalam sebuah laporan yang dirilis Selasa, B’Tselem mengatakan bahwa sementara warga Palestina hidup di bawah berbagai bentuk kendali Israel di Tepi Barat yang diduduki, memblokade Gaza, mencaplok Yerusalem timur dan di dalam negaranya sendiri, mereka memiliki hak lebih sedikit daripada orang Yahudi di seluruh wilayah antara Laut Mediterania. dan Sungai Jordan.

israel ham apartheid

“Salah satu poin penting dalam analisis kami adalah bahwa ini adalah wilayah geopolitik tunggal yang diperintah oleh satu pemerintah,” kata direktur B’Tselem Hagai El-Ad. “Ini bukan demokrasi plus pendudukan. Ini apartheid antara sungai dan laut.”

Bahwa organisasi Israel yang dihormati mengadopsi istilah yang dianggap tabu bahkan oleh banyak kritikus dalam negeri menunjukkan pergeseran yang lebih luas dalam perdebatan karena pendudukan setengah abad atas tanah yang dimenangkan perang berlarut-larut dan harapan untuk solusi dua negara memudar.

israel ham apartheid

Peter Beinart, seorang kritikus Yahudi-Amerika terkemuka di Israel, menyebabkan kehebohan serupa tahun lalu ketika dia mendukung satu negara binasional dengan hak yang sama bagi orang Yahudi dan Palestina. B’Tselem tidak mengambil posisi apakah harus ada satu atau dua negara bagian.

Israel telah lama mengaku sebagai negara demokrasi yang berkembang di mana warga Palestina, yang merupakan 20% dari populasi 9,2 juta, memiliki hak yang sama. Mereka merebut Yerusalem timur, Tepi Barat, dan Jalur Gaza dalam perang 1967 – tanah yang menampung hampir 5 juta orang Palestina dan yang diinginkan Palestina untuk negara masa depan.

israel ham apartheid

Israel menarik pasukan dan pemukim dari Gaza pada 2005 tetapi memberlakukan blokade setelah kelompok militan Hamas merebut kekuasaan di sana dua tahun kemudian. Ia menganggap wilayah “sengketa” Tepi Barat yang nasibnya harus ditentukan dalam pembicaraan damai. Negara tersebut mencaplok Yerusalem timur pada tahun 1967 dalam sebuah tindakan yang tidak diakui secara internasional dan menganggap seluruh kota sebagai ibu kota terpadu. Kebanyakan orang Palestina di Yerusalem Timur adalah “penduduk” Israel, tetapi bukan warga negara dengan hak suara.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA