Ketua LKAAM Sumbar Yakin Hendri Septa Akan Mengukuhkan Warisan Budaya Minangkabau

- Advertisement -
Padang, 4 Mei 2024 – Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat, Fauzi Bahar Dt. Nan Sati, menyatakan keyakinannya bahwa Wali Kota Padang, Hendri Septa, mampu menegakkan adat dan budaya Minangkabau. Pernyataan ini disampaikan dalam acara malewakan gala Hendri Septa sebagai Dt. Alam Batuah dari Suku Caniago Sumagek.

Selama menjabat sebagai Wali Kota Padang, Hendri Septa telah menunjukkan komitmen tinggi dalam menegakkan adat dan budaya Minangkabau. Salah satu buktinya adalah penerapan program Muatan Lokal (Mulok) Keminangkabauan bagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Padang.

“Hari ini Pak Wali (Hendri Septa Dt. Alam Batuah) menjadi datuk sekaligus untuk menegakkan adat dan budaya Minangkabau. Beliau sudah memulainya dengan membuat kurikulum Keminangkabauan, ini bukti bahwa Beliau konsekuen untuk menegakkan adat kembali,” ujar Fauzi Bahar Dt. Nan Sati dalam sambutannya di Jalan KIS Mangunsarkoro, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur.

Fauzi Bahar juga mengungkapkan kekhawatirannya terhadap pergaulan anak muda saat ini yang rentan terpapar penyakit masyarakat seperti lesbian, gay, biseksual, transgender (LGBT), dan narkoba. “Kalau adat kita tegakkan, Insya Allah anak kemenakan kita bisa diselamatkan. Karena anak kemenakan kita adalah harta kita termahal,” tambahnya.

Wali Kota Padang, Hendri Septa Dt. Alam Batuah, berkomitmen untuk menjalankan amanah yang diberikan oleh kaumnya. “Ini adalah amanah dari kaum saya, Suku Caniago Sumagek. Saya mohon doa restu dari keluarga besar serta masyarakat Kota Padang. Ini adalah komitmen yang harus saya jalankan dengan baik,” kata Hendri Septa.

Rangkaian prosesi malewakan gala Hendri Septa sebagai Dt. Alam Batuah diselenggarakan dalam kegiatan Alek Nagari XX Lubuak Begalung Batagak Penghulu Kaum Caniago Sumagek. Prosesi ini dimulai pada Jumat (3/5) dengan pemasangan Saluak Penghulu oleh Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nan XX Lubuk Begalung, Admiral Dt. Rajo Sampono, yang berlangsung di Rumah Gadang Suku Chaniago di Jalan Raya Lubeg.

Sebelum pemasangan, Saluak Penghulu diserahkan oleh Mamak Kapolo Warih Suku Chaniago Sumagek, Delfian Sari Marajo, kepada Ketua KAN Nan XX Lubuk Begalung, Admiral Dt. Rajo Sampono, untuk kemudian dipasangkan kepada Hendri Septa Dt. Alam Batuah.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA