Iklan
Iklan

Komposer Kaija Saariaho Meninggal Dunia di Usia 70 Tahun

- Advertisement -
Kaija Saariaho, yang menulis karya-karya terkenal yang membuatnya menjadi salah satu komposer paling terkemuka abad ke-21, meninggal pada hari Jumat. Dia berusia 70 tahun.

Kaija Saariaho meninggal di apartemennya di Paris, keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di halaman Facebook-nya. Dia telah didiagnosis pada Februari 2021 dengan glioblastoma, tumor otak yang agresif dan tidak dapat disembuhkan.

“Tumor yang berkembang biak tidak mempengaruhi fasilitas kognitifnya sampai fase terminal penyakitnya,” kata pernyataan itu. Keluarganya mengatakan Saariaho telah menjalani perawatan eksperimental di Rumah Sakit Pitié-Salpêtrière di Paris.

“Penampilan Kaija di kursi roda atau berjalan dengan tongkat telah memicu banyak pertanyaan, yang dia jawab dengan sulit dipahami,” kata keluarga itu. “Mengikuti saran dokternya, dia merahasiakan penyakitnya sebagai masalah pribadi, untuk mempertahankan pola pikir positif dan menjaga fokus pekerjaannya.”

“L’Amour de Loin (Love from Afar)” karyanya ditayangkan perdana di Festival Salzburg pada tahun 2000 dan membuat debut AS di Santa Fe Opera dua tahun kemudian. Pada tahun 2016, itu menjadi karya pertama yang dipentaskan oleh seorang komposer wanita di Metropolitan Opera sejak “Der Wald” karya Ethel M. Smyth pada tahun 1903.

“Dia adalah salah satu suara paling orisinal dan menikmati kesuksesan besar,” kata manajer umum Met Peter Gelb. “Itu berdampak pada kecerdasan seseorang serta emosi seseorang. Itu adalah musik yang benar-benar menggerakkan hati orang. Dia benar-benar salah satu seniman hebat dan hebat.”

Saariaho tidak suka dianggap sebagai komposer wanita, melainkan seorang wanita yang adalah seorang komposer.

“Saya bahkan tidak ingin membicarakannya,” katanya saat wawancara dengan The Associated Press setelah latihan piano di Met. “Sayang sekali.”

Lahir di Helsinki pada 14 Oktober 1952, Saariaho belajar di Akademi Sibelius dan Hochschule für Musik Freiburg. Dia membantu mendirikan kelompok Finlandia “Korvat auki (Telinga Terbuka) pada 1970-an.

“Masalah di Finlandia pada 1970-an dan 80-an adalah bahwa itu sangat tertutup,” katanya kepada NPR tahun lalu. “Generasi saya merasa bahwa tidak ada tempat bagi kami dan tidak tertarik pada musik kami – dan lebih umum, musik modern terdengar jauh lebih sedikit.”

Saariaho mulai bekerja pada tahun 1982 di Paris ‘Institute for Research and Coordination in Acoustics / Music (IRCAM), sebuah pusat musik kontemporer yang didirikan pada 1970-an oleh Pierre Boulez. Dia memasukkan elektronik dalam komposisinya.

“Saya tertarik pada spasialisasi, tetapi dengan syarat itu tidak diterapkan secara serampangan,” katanya dalam percakapan 2014 yang diposting di situs webnya. “Itu harus diperlukan – dengan cara yang sama bahwa materi dan bentuk harus dihubungkan bersama secara organik.

Terinspirasi dengan melihat “St. Francois d’Assise” Messiaen di Festival Salzburg 1992, ia menulis “L’Amour de Loin.” Dia melanjutkan untuk menulis “Adriana Mater,” yang ditayangkan perdana di Opéra Bastille pada tahun 2006 dan “Émilie,” yang memulai debutnya di Lyon Opéra pada tahun 2010.

Opera terbarunya, “Innocence,” pertama kali terlihat di Festival Aix-en-Provence 2021. Menyoroti kekerasan senjata, pekerjaan itu dipentaskan di London musim semi ini dan dijadwalkan untuk musim 2025-26 Met.

“Ini tidak diragukan lagi adalah karya seorang master yang matang, dengan komando penuh atas sumber dayanya sehingga dia dapat fokus hanya untuk menceritakan sebuah kisah dan menerangi karakter,” tulis Zachary Woolfe di The New York Times.

Saariaho menerima Grawemeyer Award dari University of Louisville pada tahun 2003 dan terpilih sebagai Musical America’s Musician of the Year pada tahun 2008. Rekaman Kent Nagano dari “L’Amour de Loin” memenangkan Grammy Award 2011.

Karya terakhir Saariaho, sebuah konser terompet berjudul “HUSH,” akan tayang perdana di Helsinki pada 24 Agustus dengan Susanna Mälkki memimpin Orkestra Simfoni Radio Finlandia.

Pengumuman kematian Saariaho diposting oleh suaminya, komposer Jean-Baptiste Barrière; putra Aleksi Barrière, seorang penulis; dan putrinya Aliisa Neige Barrière, seorang konduktor dan pemain biola.

Source: apnews.com

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA