Konflik Politik Kian Memanas, Orang Dekat Megawati Disebut Bakal Disingkirkan di Kabinet

- Advertisement -

Konflik politik kian memanas, usai Gibran Rakabuming Raka resmi jadi cawapres Prabowo Subianto. Bahkan, Presiden Jokowi disebut bakal mengganti Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, orang dekat Megawati Soekarnoputri.

Akibat konflik politik kian memanas antara Jokowi dengan Megawati Soekarnoputri ini akhirnya berimbas ke kabinet, salah satunya isu reshuffle yang kini berhembus.

Analis politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting memperkirakan Budi Gunawan diganti oleh Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023.

Ginting melalui keterangan pers, Selasa (24/10) menyebutkan, konflik politik kian memanas yang tidak bisa dihindari antara Presiden Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati inilah yang memaksa Jokowi akan mengganti Kepala BIN dalam beberapa hari ini.

Menurut Ginting, Dudung menjadi pilihan bagi Presiden Jokowi, karena membutuhkan dukungan dari elite militer yang kuat.

“Sebagai jenderal bintang empat, Dudung diharapkan dapat membuat analisis intelijen terakhir dalam pertarungan politik Pemilu 2024,” ujar Selamat Ginting.

Ginting juga menjelaskan, dalam era Reformasi, Budi Gunawan merupakan yang terlama menjadi Kepala BIN sejak September 2016.

Selain itu, Budi Gunawan dikenal sangat dekat dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Budi Gunawan pernah menjadi ajudan Megawati ketika Megawati jadi Presiden.

Sementara posisi KSAD akan diisi oleh Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto. Jokowi juga akan melantik Menteri Pertanian yang baru menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang tersandung korupsi di Kementan.

Nama pengganti Mentan ini disebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada minggu ini.

“Mungkin minggu ini,” ujar Jokowi di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Namun terkait tanggal dan hari, Presiden Jokowi menyebut bahwa segala hal terkait reshuffle kabinet sedang dipersiapkan. “Baru disiapkan,” ujar Jokowi.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Hariyadi
7 months ago

Anies Baswedan for Presiden

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA