Beranda ENTERTAINMENT YOUTUBER Konten Kreator YouTube Shorts akan Dibayar Rp 143 Juta per Bulan

Konten Kreator YouTube Shorts akan Dibayar Rp 143 Juta per Bulan

Konten Kreator
Platform streaming video YouTube mengumumkan kabar gembira bagi konten kreator di Indonesia. Mereka, akan membayar hingga 10.000 dolar AS (Rp 143 juta) per bulan untuk YouTuber yang membuat video di YouTube Shorts.

Pengumuman ini disampaikan YouTube dalam sebuah posting di blog resmi perusahaan, Selasa (3/8). Gaji ini merupakan bagian dari program YouTube Shorts Fund senilai 100 juta dolar AS yang bakal diberikan YouTube kepada para konten kreator Shorts hingga setahun ke depan.

“YouTube Shorts Fund, dana $100 juta yang didistribusikan selama 2021-2022, diluncurkan hari ini!” ujar Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl.

“Setiap bulan, kami akan menjangkau ribuan pembuat konten yang memenuhi syarat untuk mengklaim pembayaran dari Fund – pembuat konten dapat menghasilkan mulai dari $100 hingga $10.000 berdasarkan penayangan dan keterlibatan di Shorts mereka.”

Dengan dana tersebut, konten kreator YouTube Shorts berpotensi mendulang banyak uang. Namun, untuk mendapatkan pembayaran ini, YouTuber perlu memenuhi beberapa syarat.

Sebagai contoh, YouTube mengharuskan konten yang dibuat Youtuber di Shorts adalah video asli. Video yang di-repost dan berasal dari platform lain — seperti TikTok, Snapchat, atau Instagram Reels — akan didiskualifikasi dari pembayaran.

Uang yang didapatkan YouTuber Shorts juga akan bergantung pada popularitas mereka serta berapa banyak orang yang membuat dan menonton Shorts setiap bulan. Selain itu, pendapatan konten Shorts akan bergantung pada lokasi masing-masing penonton.

Saat diluncurkan, YouTube Shorts Fund akan diberikan kepada YouTuber di AS, Brasil, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Nigeria, Rusia, Afrika Selatan, dan Britania Raya. Seiring waktu, dana itu akan diberikan kepada konten kreator Shorts di lebih banyak negara.

Pembayaran YouTuber via Shorts Fund merupakan strategi baru YouTube di tengah persaingan layanan video klip pendek. Meski telah menjadi raksasa di bidang layanan streaming video, YouTube merupakan anak bawang di kelas layanan video pendek — yang kini didominasi platform lain seperti TikTok dan Snapchat.

BACA JUGA  Berapa Bayaran Jadi Bintang Tamu di Podcast Deddy Corbuzier?

Secara tradisional, para konten kreator dibayar oleh YouTube berdasarkan iklan yang ditayangkan di awal video mereka. Namun, YouTube Shorts tidak memiliki iklan di setiap awal video klip. Jadi, YouTube membuat sistem pembayaran alternatif ini sebagai pengganti monetisasi.

YouTube bukanlah platform yang pertama menggunakan skema pembayaran langsung ke konten kreator. Sebelumnya, TikTok dan Snapchat telah membayar konten kreator mereka berdasarkan popularitas video, dan bukan berdasarkan iklan.

Pada gilirannya, sistem pembayaran ini berpotensi menguntungkan konten kreator. Kendati demikian, The Verge melaporkan bahwa sistem ini kurang transparan perihal jumlah penghasilan yang diperoleh konten kreator pada bulan tertentu.

Cara Membuat YouTube Shorts

Berikut cara membuat Youtube Shorts yang bisa anda lakukan melalui ponsel dengan mudah.

Youtube Shorts masih terdengar asing untuk sebagian orang. Youtube Short sendiri adalah fitur video pendek pesaing TikTok dan Reels dari Instagram, mengingat ketiganya memiliki tampilan dan kemampuan yang mirip.

Sebelumnya fitur baru ini lebih dulu dirilis di India dan Amerika Serikat. YouTube akhirnya resmi merilis fitur video pendek bernama Short, di Indonesia.

Fitur Short memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan caption. Fitur Short versi beta ini telah tersedia di aplikasi YouTube versi 16.28.36 di ponsel Android.

Pengguna bisa langsung menemukan menu “Shorts” di sisi bawah layar saat membuka aplikasi. Tepatnya berada di tengah, antara menu “Home” dan ikon tambah (+) untuk unggah video.

Pengguna juga bisa memberikan tanda suka (like), tidak suka (dislike), komentar, atau membagikan video Short ke platform lainnya. Di bagian bawah tampilan Short, pengguna disajikan tombol subscribe dan juga bisa menyimpan musik latar pada video Short ke favorit.

BACA JUGA  Viral Sosok Kekasih Baru Kaesang Pangarep

Berikut cara membuat Youtube Shorts dikutip dari HiTekno.com yang rangkum untuk Anda.

Cara Membuat Youtube Shorts di Smartphone

Perlu  diperhatikan sebelum Anda mengupload video pada YouTube Shorts, pastikan bahwa video yang Anda record merekam dalam posisi potrait bukan landscape. Anda dapat melihat jenis video rekaman video pada kolom pengaturan.

Cara membuat Youtube Shorts pertama membuka aplikasi YouTube.

  • Tekan ikon + pada Bagian Bawah Tengah
  • Cara membuat Youtube Shorts kemudian lanjutkan dengan mengetuk tanda + untuk mulai menggunakan fitur Shorts
  • Cara membuat Youtube Shorts selanjutnya pilih opsi create a short, kemudian lanjutkan dengan memilih lamanya durasi yang akan anda gunakan.
  • Untuk merekam Anda cukup menekan tombol merah yang ada pada tampilan Youtube Anda.
  • Setelah selesai merekam Anda dapat mengatur speed, time, menambahkan beberapa efek dan musik latar.
  • Cara membuat Youtube Shorts selanjutnya adalah buat judul short semenarik mungkin, Anda juga dapat menentukan jadwal tayang menggunakan fitur schedule.
  • Cara membuat Youtube Shorts terakhir upload video short ada dengan mengetuk tombol upload pada bagian kanan atas.

Fitur Youtube Short

Undo dan redo

  • Ada fitur undo dan redo ketika pengambilan gambar berlangsung sehingga pengguna bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Kecepatan video

  • Lalu pengguna juga bisa mengatur kecepatan pengambilan video,bisa diatur dengan ritme cepat hingga 3 kali lipat atau pun dengan ritme lambat hingga 0,3 kali lipat.

Filter

  • Tak ketinggalan ada juga filter yang tersedia lebih dari 10 jenis yang bisa ditambahkan untuk mempercantik dan memperindah gambar yang anda buat.

Lagu

  • Untuk fitur penambahan lagu anda bisa menambahkan lagu di awal atau pun di akhir pengeditan video sesuai dengan kebutuhan anda. Bagian lagu atau audio yang ditambahkan pun tentunya bisa dipilih sesuai dengan keinginan kreator.
BACA JUGA  AHHA PS Pati FC Punya Jersey Baru Jelang Kompetisi Liga 2

Teks

  • Fitur penambahan teks juga sudah disematkan dalam aplikasi YouTube Shorts dan bisa diatur kapan tulisan tersebut muncul di bagian video.

Manfaat Membuat Youtube Short

  • Subscriber Baru, manfaat membuat Youtube Shorts dengan fitur ini Anda akan mendapatkan subscriber baru ketika merasa konten yang anda unggah menarik.
  • Konten yang Lebih Mobile Friendly
  • Menaikan Traffic pada Algoritma Youtube

Itulah cara membuat Youtube Shorts lengkap dengan fitur dan manfaatnya.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaDinar Candy Terancam Jadi Tersangka UU Pornografi dan UU ITE
Artikel berikutnya10 Sumber Penghasilan YouTuber yang Perlu Anda Tahu