Iklan
Iklan

Korban Tewas Akibat Gempa di Afghanistan Sudah Melampaui 2.000 Lebih

- Advertisement -
Korban tewas akibat gempa di Afghanistan telah malampaui 2.000 lebih. Pemimpin senior Taliban menyatakan bahwa korban tewas berkemungkinan akan bertambah akibat gempa yang cukup mematikan dalam dua dekade di negara tersebut.

Dilansir Al Jazeera, Suhail Shaheen, juru bicara Taliban yang berbasis di Qatar, mengatakan bahwa tidak hanya terjadinya korban tewas akibat gempa di Afghanistan tersebut. Namun, juga banyak orang hilang.

Dia mengatakan operasi penyelamatan sedang dilakukan untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di bawah puing-puing setelah gempa berkekuatan 6,3 di provinsi Herat.

Shaheen mengatakan ada kebutuhan mendesak untuk tenda, obat-obatan dan makanan di daerah-daerah yang dilanda bencana, saat ia mengimbau pengusaha lokal dan LSM untuk maju membantu orang yang membutuhkan.

Pada hari Minggu, orang-orang berusaha menggali orang mati dan terluka dengan tangan mereka di Herat, memanjat batu dan puing-puing. Para penyintas dan korban terjebak di bawah bangunan yang telah runtuh ke tanah, wajah mereka abu-abu karena debu.

Satu video, dibagikan secara online, menunjukkan orang-orang membebaskan bayi perempuan dari bangunan yang runtuh setelah dikubur sampai lehernya di puing-puing. Sebuah tangan terlihat menggendong tubuh bayi saat penyelamat memudahkan anak itu keluar dari tanah. Tim penyelamat mengatakan itu adalah ibu bayi itu. Tidak jelas apakah ibunya selamat.

“Selain 2.060 orang tewas, 1.240 orang terluka dan 1.320 rumah hancur total,” kata Abdul Wahid Rayan, juru bicara Kementerian Informasi dan Kebudayaan.

Sekitar enam desa telah hancur dan ratusan warga sipil telah terkubur di bawah puing-puing, katanya, menyerukan bantuan mendesak.

Gempa berkekuatan 6,3 melanda 40km (24 mil) barat laut kota Herat sekitar pukul 11:06 pada hari Sabtu (30:<> GMT), menurut Survei Geologi AS (USGS). Gempa susulan yang kuat dirasakan di provinsi tetangga Badghis dan Farah.

Seorang relawan penyelamat, yang tidak ingin disebutkan namanya, dari Zenda Jan – distrik yang terkena dampak terburuk yang terletak di Herat – mengatakan tim pencarian dan penyelamatan tidak terlatih dengan baik dan tidak memiliki peralatan modern.

“Sayangnya kami telah kehilangan banyak orang di barat Herat di distrik Zenda Jan dan Ghorian,” katanya.

“Tragedi ini sangat besar, kami tidak dapat mendefinisikannya kepada Anda dengan kata-kata sederhana. Orang-orang masih terjebak dalam puing-puing, mereka masih hidup, tetapi kami tidak dapat menjangkau mereka.”

Dia mendesak PBB dan organisasi internasional lainnya untuk menyediakan warga Afghanistan dengan tim pencarian dan penyelamatan terlatih, dengan peralatan modern dan anjing penyelamat untuk membantu menemukan mereka yang masih terperangkap di dalam.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA