Iklan
Iklan

KPI Pastikan Video Ganjar Pranowo yang Muncul di Tayangan Azan Tidak Melanggar

- Advertisement -
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memastikan, bahwa video Ganjar Pranowo yang muncul pada tayangan azan di salah satu stasiun televisi bukan merupakan pelanggaran.

Tayangan yang menampilkan video Ganjar Pranowo itu dinilai tidak melanggar ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS).

“Berdasarkan hasil forum klarifikasi dan rapat pleno, KPI menilai bahwa siaran Azan Magrib yang menampilkan salah satu sosok atau figur publik tidak melanggar ketentuan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS),” ujar Koordinator bidang Pengawasan Isi Siaran KPI Pusat, Tulus Santoso, Kamis (14/9/2023).

KPI memutuskan hal tersebut setelah melakukan klarifikasi terhadap stasiun televisi yang menayangkan azan tersebut. Namun, KPI mengimbau seluruh lembaga penyiaran untuk mengedepankan netralitas jelang Pemilu 2024.

“KPI mengimbau kepada seluruh lembaga penyiaran untuk tetap mengedepankan prinsip adil, tidak memihak, dan proporsional dalam menyiarkan program siaran demi menjaga penyelenggaraan Pemilu 2024 yang demokratis,” ujar Tulus.

Tulus pun memastikan, pihaknya akan menindaklanjuti setiap tayangan yang berpotensi melanggar ketentuan. Karena itu, KPI akan berkoordinasi dengan KPU, Bawaslu dan Dewan Pers menyikapi setiap tayangan yang bernuansa kepemiluan.

“Adapun langkah selanjutnya terkait tayangan-tayangan kepemiluan yang berpotensi melanggar, KPI akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi bersama Gugus Tugas yang terdiri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), KPI dan Dewan Pers,” kata Tulus.

Sebagaimana diketahui, bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo muncul pada tayangan azan Maghrib di salah satu stasiun televisi (TV). Tayangan itu ramai menjadi sorotan yang kemudian dikaitkan dengan politik identitas.

Dalam video itu, Ganjar tampak mengenakan baju koko berwarna putih, peci hitam dan sarung batik. Dia menyalami dan mempersilakan jemaah yang datang untuk masuk ke dalam masjid.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA