Beranda POLITIK Langkah Ganjar Pranowo Menuju Istana Dipengaruhi Lumbung Suara Jokowi

Langkah Ganjar Pranowo Menuju Istana Dipengaruhi Lumbung Suara Jokowi

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo disebut-sebut telah menjadi salah satu calon kuat pada Pilpres 2024 mendatang.  Bahkan, disebutkan nama Jokowi akan memuluskan Langkah Ganjar. Hal itu terungkap dalam survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

“Mereka yang puas dengan kinerja Presiden Jokowi itu cenderung memilih Pak Ganjar Pranowo walaupun mereka ini bukan massa pemilih PDIP,” ujar Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, Senin (14/6/2021).

Artinya, untuk mendukung jalan Ganjar menuju Istana, Jokowi hanya perlu memperlihatkan kinerja yang oke. Trik ini disebut secara tidak langsung membantu menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo jelang Pilpres 2024.

Saidiman juga menjelaskan, masyarakat yang merasa puas terhadap kinerja Jokowi cenderung memilih Ganjar dengan 43,9 persen. Sementara, 23,3 persen memilih Prabowo; 22,3 persen memberikan dukungan kepada Anies.

Sementara itu, masyarakat yang merasa kurang puas terhadap Jokowi cenderung memberikan dukungan kepada Prabowo Subianto atau Anies Baswedan. Di kalangan yang tidak puas dengan kinerja Jokowi, 48,5 persen memilih Prabowo. Sebanyak 33,7 persen memilih Anies, dan sekitar 15 persen memilih Ganjar.

“Bila Ganjar maju menjadi capres 2024, salah satu lumbung suara terbesarnya adalah para pendukung Presiden Jokowi,” jelas Saidiman.

Survei nasional SMRC tersebut dilakukan pada 21 hingga 28 Mei 2021 dengan melibatkan 1.072 responden. Metode yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error survei ini diperkirakan sekitar 3,05 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaAwas! Paksa Istri Berhubungan Intim, Ancaman Pidana Penjara 12 Tahun Menanti Anda
Artikel berikutnyaEuro 2020: Laga Sengit Prancis Vs Jerman Diwarnai Gol Bunuh Diri