Iklan
Iklan

Manfaat Sayur Kangkung bagi Kesehatan Anak

- Advertisement -
Ternyata sayur kangkung memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan anak. Sayur ini berguna untuk mencegah anemia hingga menjaga kesehatan mata.

Sayur Kangkung menjadi salah satu sayuran yang tidak kenal musim dan mudah ditemukan. Sayuran ini juga cukup terkenal di wilayah Asia lainnya, seperti Vietnam, Malaysia, hingga Filipina. Selain rasanya yang lezat, sayuran ini juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai menu makanan.

Jangan ragu untuk memasukkan kangkung sebagai menu makanan anak sehari-hari. Pasalnya, sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang bisa membantu ibu untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral untuk pertumbuhan anak. Berikut ulasan mengenai manfaat sayur kangkung untuk kesehatan anak!

Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan Anak

Kangkung adalah sayuran semi akuatik yang dapat tumbuh dengan mudah tanpa pengawasan yang ketat. Hampir semua bagian dari kangkung bisa dinikmati, mulai dari daunnya hingga batangnya.

Sayuran ini memiliki kandungan kalori dan lemak cukup rendah. Selain itu, sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Bahkan, kangkung dikenal karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi.

Dalam 100 gram kangkung terdapat 2,6 gram protein dan 2,1 gram serat. Kangkung juga mengandung beberapa mineral, seperti kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, fosfor, selenium, dan zinc.

Selain orang tua, kangkung juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak asalkan diolah dengan cara yang tepat. Berikut manfaat kangkung untuk kesehatan anak, seperti:

  1. Mencegah Anemia

Anak-anak rentan mengalami anemia. Selain menggunakan pengobatan yang disarankan oleh dokter, ibu juga bisa memberikan berbagai jenis makanan yang membantu untuk mencegah anemia pada anak, salah satunya kangkung.

Kangkung memiliki kandungan zat besi yang baik untuk membantu tubuh memproduksi sel darah merah yang sehat. Dengan begitu, anak bisa menghindari penyakit anemia.

  1. Mengatasi Konstipasi

Saat anak kekurangan serat dalam tubuhnya, anak berisiko mengalami konstipasi. Nah, ibu boleh untuk memberikan sayuran kangkung pada anak untuk mengatasi konstipasi.

Kangkung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga anak terhindar dari berbagai gangguannya.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kelompok usia anak memiliki imun tubuh yang kurang optimal. Untuk membantu tingkatkan imunitas tubuh, ibu bisa memberikan sayur kangkung. Ini karena kangkung memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat kangkung lainnya untuk menjaga kesehatan mata. Kangkung menjadi sayuran yang memiliki kandungan vitamin A, lutein, dan karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandung lain, seperti glutathione juga dinilai mampu mencegah penyakit katarak.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bukan hanya orang lansia atau dewasa, anak-anak juga perlu menjaga kesehatan jantung sejak dini. Jantung menjadi organ yang paling vital sehingga fungsinya sangat penting bagi tubuh.

Kandungan vitamin A, C, dan antioksidan dalam kangkung menjadi nutrisi yang penting untuk dipenuhi karena dapat menjaga kesehatan jantung. Ketika jantung dalam kondisi yang optimal, maka organ ini dapat berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa manfaat sayur kangkung bagi kesehatan anak. Namun, pastikan ibu mengolah kangkung dengan tepat sebelum menyajikannya untuk menu makan anak. Hindari memberikan kangkung yang belum diolah secara optimal pada anak. Hal ini berisiko meningkatkan infeksi bakteri atau parasit mengingat kangkung tumbuh di daerah perairan.

Cuci kangkung menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Kemudian, potong-potong daun dan batang kangkung menjadi ukuran yang lebih kecil. Kamu juga bisa memotong batang menjadi dua bagian untuk memastikan bagian batang dalamnya sudah bersih dari parasit maupun bakteri.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA