Iklan
Iklan

Marco Bezzecchi Juara MotoGP India 2023, Bagnaia Kecelakaan

- Advertisement -
Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, berhasil menjadi juara MotoGP India 2023 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Buddh di, Uttar Pradesh pada 22-24 Oktober 2023.

Selain Marco Bezzecchi yang berhasil naik podium, posisi kedua ada Jorge Martin sedangkan podium ketiga ditempati pebalap Yamaha Fabio Quartararo.

Brad Binder ada di posisi empat dan pebalap Repsol Honda Joan Mir ada di posisi kelima. Sementara Francesco Bagnaia mengalami kecelakaan.

Sirkuit internasional Buddh memiliki panjang 5,01 km dengan total tikungan 13 dengan rincian 8 tikungan kanan dan 5 kiri.

Sirkuit internasional Buddh juga jadi sirkuit nomor 6 dengan long straight atau trek lurus paling panjang di kalender MotoGP musim ini.

Sirkuit MotoGP musim ini paling panjang adalah Silverstone-Inggris (5,9 km); Sepang-Malaysia (5,543 km); COTA Amerika (5,513 km); Lusail Qatar (5,38 km) dan Mugello Italia (5,245 km).

Lintasan dengan tribun super megah tersebut dirancang insinyur kenamaan asal Jerman, Herman Tilke, yang pernah merancang sirkuit-sirkuit populer lainnya.

MotoGP India 2023 dimulai dengan keunggulan Jorge Martin yang bisa mendahului barisan terdepan di grid start. Namun keunggulan Martin hanya sesaat, ia langsung disusul Pecco Bagnaia dan Marco Bezzecchi.

Pada lap pertama sampai lap keempat, Bezzecchi memimpin. Ia unggul sekitar 1 detik atas Bagnaia, yang mendapat tekanan dari Martin di tempat ketiga.

Masuk putaran kelima, Martin telah selesai. Kini giliran Marc Marquez yang menekan Bagnaia. Namun sayang pada lap 6, Marquez terjatuh di tikungan pertama.

Marquez mengalami low side ketika posisinya menguntungkan, yakni berada di posisi keempat.

Usai terjatuh, Marquez langsung bergegas kembali ke lintasan untuk kembali bergabung dengan rider lain melanjutkan balapan. Pebalap dengan nomor motor 93 itu menempati posisi 16.

Pada lap ke-7, Bezzecchi unggul sekitar 2,7 detik dari pebalap di belakangnya. Keunggulan ini membuat pebalap Italia ini berpotensi meraih juara di Sirkuit Buddh.

Masuk putaran kedelapan, Bagnaia bisa mendekat Martin di tikungan ketiga. Bahkan ia nyaris menyenggol motor di depannya.

Pada lap 10, balapan secara berturut-turut dikuasai Bezzecchi, Martin, Bagnaia, Quartararo, dan Mir.

Selang beberapa saat, Aleix Espargaro harus keluar ketika balapan memasuki lap ke-11. Espargaro terjebak di gigi 2 dan kemungkinan motornya mengalami masalah pada girboks.

Pada lap ke-13, Bagnaia semakin dekat dengan Martin. Tapi sayang, satu lap berselang Pecco harus terjatuh di tikungan 9.

Sisa 5 lap terakhir, urutan pertama sampai kelima balapan dihuni Bezzecchi, Martin, Quartararo, Binder dan Mir.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA