Iklan
Iklan

Masjid Noori di India Kembali Muncul Setelah 30 Tahun Tenggelam

- Advertisement -
Masjid Noori yang sebelumnya tenggelam selama 30 tahun kembali muncul dalam keadaan utuh. Munculnya masjid yang berada di distrik Nawada, negara bagian Bihar, di India itu dilaporkan media local, bahkan kisahnya bikin melongo.

Masjid Noori ditemukan di tengah sisa-sisa bendungan Phulwaria yang berlumpur. Gambar menunjukkan bagaimana struktur kecil itu naik sekitar 30 kaki di atas tanah ke puncak kubahnya, dengan tiga pintu masuk gapura di bawahnya.

Dikutip dari outlet berita Kashmir Media Service (KMS), melaporkan penduduk setempat menyebut rumah ibadah itu dilaporkan tenggelam setelah Bendungan Phulwaria dibangun pada 1985.

Menurut outlet berita The Leader Hindi, Bendungan Phulwaria, yang ‘mengubur’ masjid Noori dengan air, digunakan untuk pertanian dan untuk memasok air ke desa-desa.

Namun, pembangunannya menyebabkan evakuasi masyarakat sekitar karena perkiraan kenaikan permukaan air. Walhasil, penduduk setempat pun pindah ke tempat lain dan masjid itu pun dibiarkan berdiri hingga akhirnya dibanjiri air.

Sebelum masjid itu terungkap baru-baru ini, dalam beberapa tahun terakhir, pucuk bangunan masjid Noori terkadang suka nongol.

Kini, kemunculan masjid tersebut dalam kondisi utuh, membuat banyak orang datang dan melihatnya dari dekat, meski dalam kondisi basah dan berlumpur. Dilaporkan, bangunan itu benar-benar utuh meskipun terendam air selama beberapa dekade.

Menurut KMS, umur masjid tersebut telah menjadi bahan diskusi. Ada yang mengatakan bangunan itu dibangun pada awal 1900-an dan mungkin berusia sekitar 120 tahun berdasarkan arsitekturnya.

Sama seperti masa lalu masjid yang tidak pasti, begitu pula masa depan masjid Noori. Tidak diketahui apakah sekarang masjid itu bisa dipindahkan ke tempat lain atau dibiarkan tenggelam kembali ketika permukaan air akhirnya naik lagi.

Source: Tempo

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA