Iklan
Iklan

Memposting Video Farel Prayoga Nyanyi Ojo Dibandingke di Istana Harus Bayar Royalti

- Advertisement -
Memposting dan memakai video Farel Prayoga nyanyi Ojo Dibandingke di Istana Negara harus membayar royalti. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

Menkumhan mengungkapkan dirinya telah mencatatkan hak cipta dan perlindungan seni pertunjukan atas aksi penyanyi cilik Farel Prayoga menyanyikan Ojo Dibandingke di Istana Negara pada Rabu (17/8/2022) kemarin.

Yasonna juga telah memberikan surat pencatatan ciptaan seni pertunjukan bernomor EC00202254496 dengan judul ciptaan Penampilan sebagai Penyanyi Cilik Pada Acara Upacara Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 77 di Istana Negara tersebut kepada Farel.

Surat pencatatan yang diterima Farel Prayoga tersebut, masuk dalam jenis Pentas Musik. “Ini sebagai bentuk respons cepat saya sebagai Menkumham dalam melindungi karya cipta seni pertunjukan milik Farel,” ujar Yasonna, Jumat (19/8/2022).

Dia juga menuturkan bahwa Farel Prayoga secara resmi mengantongi hak kekayaan intelektual (HAKI) atas pertunjukannya di Istana Negara ketika membawakan lagu Ojo Dibandingke.

Maka, pihak-pihak lain harus membayar kepada Farel ketika hendak menggunakan video penampilannya di momen HUT ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

Adapun surat pencatatan ciptaan ini diserahkan Yasonna kepada Farel dalam kegiatan Tasyakuran Hari Dharma Karyadhika ke 77 Kemenkumham di Hotel Sultan Jakarta, Kamis malam (18/8).

“Jadi ini sudah hak kekayaan untuk performance di Istana Negara ini temen-temen kalau sudah mau ambil pakai penampilan itu bayar,” ujar Yasonna.

Melalui sertifikat tersebut, Farel berhak menerima Royalti atas setiap penggunaan video pertunjukkannya saat di Istana itu oleh pihak lain.

“Dia (Farel Prayoga, red) punya hak kekayaan Intelektual ada royaltinya nanti masuk LMKN ya, jadi nanti ada royalti jadi jangan sembarangan kutip di YouTube sudah kita kasih haknya,” ungkapnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA