Beranda OLAHRAGA MOTOSPORT MotoGP Doha 2021: Quartararo Perpanjang Dominasi Yamaha

MotoGP Doha 2021: Quartararo Perpanjang Dominasi Yamaha

motogp qatar 2021 quartararo
Fabio Quartararo pulih dari awal yang buruk untuk meraih kemenangan besar di MotoGP Doha, sementara rookie Jorge Martin mencetak podium perdananya.

Baik Quartararo dan rekan setimnya di pabrikan Yamaha, Maverick Vinales, ketinggalan di awal balap, tetapi pembalap Prancis itu naik dari posisi kesembilan pada lap pembuka untuk mengklaim kemenangan pertamanya sejak MotoGP Catalan September lalu.

Martin mengulangi start monsternya dari MotoGP Qatar, memimpin di depan rekan setimnya di Pramac, Johann Zarco, sementara pemenang balapan hari Minggu lalu Maverick Vinales turun ke urutan kesembilan.

Alex Rins melompat dari posisi kedelapan ke posisi kelima pada lap pembukaan dan dengan cepat naik ke posisi podium, sementara Miguel Oliveira menempati posisi lima besar dari posisi ke-12.

BACA JUGA  Donald Trump Disuspend dari Twitter dan Facebook Pasca Kerusuhan

motogp qatar 2021 quartararo

Joan Mir mengikuti langkah Rins dari posisi kesembilan, juara dunia bertahan itu melakukan operan agresif kepada Fabio Quartararo di Tikungan 6 pada tur kedua untuk posisi keenam.

Di depan, Martin menahan Zarco, sementara Rins dan pebalap Prancis itu beradu di posisi kedua dalam banyak kesempatan – Suzuki tidak mampu mengejar Ducati di jalan lurus.

Di belakang, Mir melakukan langkah keras lainnya, kali ini dengan pembalap Ducati Jack Miller di posisi kelima.

Kedua pembalap mengalami kontak di jalur lurus utama pada kecepatan 200km/jam beberapa saat kemudian, yang diselidiki oleh Race Direction tetapi dianggap sebagai insiden balapan.

BACA JUGA  Fransesco Bagnaia Rebut Pole di Kualifikasi MotoGP Qatar 2021

motogp qatar 2021 quartararo

Sementara semua ini terjadi, Martin terus memimpin di depan Zarco, sementara Quartararo dan Vinales mulai kembali ke perebutan podium setelah berada di posisi luar 10 besar di tahap pembukaan.

Quartararo melewati Rins untuk posisi keempat pada tikungan pertama pada lap 15 lalu merebut posisi ketiga dari Francesco Bagnaia.

Yamaha tidak berdaya melawan pebalap Ducati di jalan lurus, tetapi Bagnaia melebar di Tikungan 1 dan memberikan posisi ketiga untuk Quartararo.

Dorongan dari Quartararo berlanjut pada rekan senegaranya Zarco di lap 18, sebelum pebalap Yamaha itu melewati Martin di Tikungan 15 untuk memimpin balapan.

Martin membalas dengan menggunakan tenaga Pramac Ducati-nya di jalan lurus, tetapi Quartararo membuat langkah di Tikungan 4 di waktu berikutnya.

motogp qatar 2021 quartararo

BACA JUGA  Sirkuit Mandalika, Dorna Sports: Welcome to Lombok; House of MotoGP Indonesia

Dari sana, Quartararo menjauh semakin di depan untuk mencetak kemenangan kedua berturut-turut bagi Yamaha di Qatar dengan selisih waktu 1,4 detik.

Zarco mengungguli Martin di Tikungan 15 pada lap terakhir dan menahannya di garis finish dengan jarak 0,043 detik di posisi kedua – Zarco memimpin klasemen MotoGP untuk pertama kalinya dalam karirnya.

Dorongan awal Rins untuk kemenangan memudar di tahap terakhir, pebalap Suzuki itu harus puas berada di keempat setelah mengalahkan Vinales.

Zarco memimpin Quartararo dengan empat poin di klasemen MotoGP, bersama Vinales yang berada di posisi yang sama dengan 36 poin dengan rekan setimnya di Yamaha.

Facebook Comments