Beranda BUDAYA & PARIWISATA KULINER Mulai Bisnis Kuliner Anda dengan 6 Kiat Sukses Berikut Ini

Mulai Bisnis Kuliner Anda dengan 6 Kiat Sukses Berikut Ini

Bisnis Kuliner
Memulai bisnis kuliner akan menjadi salah satu bisnis yang paling menantang untuk dilakukan. Tidak sedikit para pengusaha gagal dalam mengelola usaha kuliner di tahun pertamanya. Meski pun terdengar berat, namun masih banyak cara agar usaha kuliner Anda berjalan sustainable.

Tentu saja Anda sangat membutuhkan riset, perencanaan, modal, ketajaman intuisi bisnis, dan ketekunan untuk meraih kesuksesan dalam bisnis kuliner Anda.

Inilah 6 kiat yang dapat membantu pengusaha memulai, mengoperasikan, dan menumbuhkan bisnis kuliner dengan sukses.

Konsep yang Anda Bangun Harus Jelas

Anda harus tahu bagaimana caranya produk Anda menimbulkan kesan bagi konsumen, juga terlihat, dan terdengar unik dan tentunya lebih baik daripada produk kompetitor lain. Anda juga butuh kreativitas lebih untuk memikirkan seperti apa lini produk unik yang Anda ingin tawarkan kepada pelanggan.

Ketika Anda berhasil menemukan suatu resep produk yang unik, bisa dipastikan titik terang bagi suksesnya bisnis kuliner Anda.

Lakukan Riset Mendalam

Industri kuliner pada umumnya sangat kompetitif sehingga sangat penting bagi Anda untuk melakukan riset sebelum memulai. Kapan perlu Anda mengikuti seminar yang dibuat oleh komunitas bisnis kuliner untuk menggali informasi sedalam-dalamnya.

Anda harus mencari tahu alasan apa saja yang bisa membuat bisnis Anda berhasil dan gagal. Jangan abaikan untuk menyelidiki bagaimana pengusaha lain membangun bisnis kuliner dengan cara yang berbeda dan belum Anda ketahui sebelumnya.

Kapan perlu Anda mengikuti diskusi melalui forum-forum komunitas adalah untuk menilai kebutuhan pasar dan opini pelanggan tentang bisnis kuliner sekarang ini. Dengan cara melakukan riset tentu akan membantu Anda menentukan target pasar, dan mengidentifikasi faktor-faktor risiko terbesar. Maka nantinya Anda dapat menyelesaikan permasalahan yang dialami di tengah perjalanan bisnis Anda.

BACA JUGA  Bipang Ambawang Kuliner Khas Kalimantan Barat, Kian Populer Usai Pidato Jokowi

Lakukan Rencana Bisnis Anda Lebih Rinci

Struktur baku tidak ada dalam membuat rencana bagi bisnis. Selalu memperbarui rencana bisnis Anda seiring dengan berkembangnya pasar usaha kuliner akan membantu Anda menyesuaikan keunggulan bisnis Anda dengan peluang yang ditawarkan pasar.

Ini juga dapat membantu Anda mengatasi risiko ancaman yang muncul dengan lebih baik. Rencana bisnis juga dibutuhkan ketika Anda sedang berkomunikasi dengan orang lain seperti pelanggan, mitra, dan investor. Jika Anda ingin bisnis kuliner Anda dipercaya, Anda harus dapat meyakinkan mereka bahwa Anda tahu apa yang Anda jelaskan lewat rencana bisnis Anda.

Ketahui Target Pasar

Tidak bisa dipungkiri, salah satu kunci keberhasilan saat merintis bisnis kuliner adalah mengenal siapa target pasar Anda. Mengetahui target dari bisnis akan sangat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dengan cepat karena Anda dapat merencanakan berbagai hal seperti jenis produk, alur bisnis yang ideal, hingga strategi untuk berkampanye dan melakukan promosi.

Sebagai contoh, apabila calon pembeli yang Anda targetkan untuk bisnis Anda adalah kawula muda, maka Anda dapat mengikuti tren kuliner terkini yang tengah digrandungi oleh mereka sehingga daya tarik bisnis Anda akan semakin kuat. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyesuaikan gaya komunikasi dalam promosi bisnis Anda dengan perkembangan zaman.

Ketahui Regulasi Hukum yang Berlaku

Ketahuilah dan kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi mengenai regulasi hukum dan peraturan terkait produk kuliner di negara domisili Anda. Dari peraturan atau UU Ketenagakerjaan hingga Undang-Undang Keamanan Pangan yang dapat memiliki pengaruh besar pada keberhasilan operasional usaha kuliner Anda.

Ikuti peraturan dan hukum yang berlaku. Misalnya lisensi terhadap produk makanan Anda. Tentu saja ini akan mengomunikasikan kepada pelanggan bahwa produk Anda aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA  Inilah Resep Sate Kambing yang Bisa Disajikan Saat Hari Raya Idul Adha

Dapatkan Pendanaan untuk Modal Anda

Tidak semua bisnis membutuhkan modal awal dari investor, terutama jika Anda memulai bisnis kuliner berskala kecil. Juga, ada bermacam pilihan seperti produk kredit usaha mikro dari berbagai bank swasta atau konvensional.

Apabila Anda ingin mencari produk investasi lain, maka mulai rencanakan sejak dini. Siapkan rencana bisnis Anda sebagai dasar untuk proposal pinjaman atau rencana investasi. Pemodal atapun yang memberikan pinjaman tentunya ingin tahu segala aspek mengenai bisnis atau usaha kuliner Anda.

Anda realistis mengenai berapa banyak nominal modal yang benar-benar Anda butuhkan. Rencanakan secara matang biaya-biaya dan segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk membangun operasional bisnis Anda. Jangan sampai overbudget, karena itu akan menyulitkan Anda sendiri ketika Anda harus melunasi pinjaman-pinjaman Anda.

Ingat, untuk sukses membangun usaha kuliner membutuhkan ketelitian, ketekunan, dan kreativitas

Facebook Comments

Artikel sebelumya4 Tempat Hiburan Malam di Mangga Besar Digerebek
Artikel berikutnyaDian Sastrowardoyo dan Candra Darusman Rilis VM “Perjumpaan Kita“