Iklan
Iklan

Nama Calon Kapolri Sudah Diserahkan Kompolnas kepada Presiden

- Advertisement -
Nama calon Kapolri sebagai pengganti Idham Azis sudah diserahkan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo, Kamis (7/1/2021).

Komisioner Kompolnas Albertus Wahyurudhanto mengungkapkan surat yang berisikan nama-nama calon Kapolri sudah disampaikan langsung oleh Ketua Kompolnas sekaligus Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md.

“Nama calon kapolri sudah diserahkan kemarin, jadi sekarang sudah di tangan Presiden. Tinggal Presiden memilih,” ujar Wahyu, Jumat, 8 Januari 2021.

Surat itu dikatakan wahyu bersifat rahasia maka ia tak dapat merinci siapa saja nama-nama calon yang diusulkan kepada Jokowi. Namun, dia memastikan Kompolnas mengusulkan lebih dari satu nama kandidat pengganti Idham Azis.

Wahyu juga memperkirakan Presiden akan mengirimkan nama ke Dewan Perwakilan Rakyat pada hari ini. Mengingat, DPR akan memasuki masa sidang, Senin, 11 Januari yang akan datang.

“Siapa yang dipilih, apakah yang dikirim satu, dua, atau tiga nama itu hak Presiden. Walaupun selama ini selalu yang dikirim hanya satu nama,” ujar Wahyu.

Kompolnas kata wahyu telah menjalankan tugasnya menyaring nama-nama calon Kapolri untuk diajukan kepada Presiden Jokowi.

Wahyu juga menjelaskan, proses penyaringan itu di antaranya dilakukan dengan menggelar forum group discussion (FGD) dengan sejumlah kalangan. Yaitu para polisi aktif dari internal Kepolisian, tokoh masyarakat, perwakilan media, hingga akademisi, serta purnawirawan Polri yang diwakili para mantan Kapolri dan Wakapolri.

Sedangkan, proses penyaringan dimulai sejak awal Desember 2020, adapun rapat finalisasinya berlangsung pada pekan ini. “Secara normatif Kompolnas memberi pertimbangan, tapi kan Presiden juga punya sumber lain walaupun tidak formal, entah dari siapa kan beliau juga punya masukan dari tempat lain,” pungkas Wahyu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA