Iklan
Iklan

Ngotot Bela Panji Gumilang, Ali Ngabalin Dirujak Netizen

- Advertisement -
Salah satu tokoh yang ngotot membela Panji Gumilang yang dituding melakukan ajaran sesat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun adalah Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin.

Ali Ngabalin membela Panji Gumilang serta mengutuk keras siapapun yang menuduh adanya ajaran sesat di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat tersebut.

Bahkan, Ali Mochtar Ngabalin menyebut, puluhan ribu masa yang melakukan aksi demo meminta pembubaran Ponpes Al Zaytun hanya orang bayaran dari kelompok tertentu.

Dikutip dari kanal youtube @suaraanda, Pernyataan itu disampaikan Ali Mochtar Ngabalin saat diwawancarai disebuah stasiun tv nasional.

“Cara kalian itu terlalu kotor sekali. Menuduh orang sesat dan macam-macam,” ungkap Ali Mochtar Ngabalin.

Menurut Ngabalin, penyesatan tak mungkin dilakukan Panji Gumilang. Karena, Ngabalin merasa sangat kenal dengan sosok Panji Gumilang.

“Saya sangat kenal dengan Panji Gumilang, ga mungkin dia seperti itu,” timpal Ngabalin.

Terlebih, Ngabalin meyakini tuduhan di Ponpes Al Zaytun terkait dibolehkannya berzina dengan syarat membayar, dan tudingan lainnya yang muncul ke permukaan.

“Mana ada sejarah Ponpes mengajarkan seperti itu,” kata Ngabalin.

Tak sampai disitu, Ngabalin juga berasumsi jika ada beberapa kelompok yang sengaja memprovokasi masyarakat dan ingin mengambil alih Ponpes Al Zaytun.

“Kalau kalian mau ambil ya ambil saja. Tapi jangan tuduh sembarangan seperti itu,” ungkap Ngabalin.

Ali Ngabalin Dirujak Netizen

Beredarnya video Ali Ngabalin membela Panji Gumilang di media sosial menimbulkan reaksi keras dari ribuan pengguna media sosial.

Seperti komentar yang muncul pada video pernyataan Ali Ngabalin yang diunggah akun Facebook @AgusSularno.

“PENJILAT INI AJA PUN YG NAMPAK,MUAK KALI LIHAT WAJAHNYA🤣🤣🤣.” Tulis Okfahlilsyah.

Sementara @Nuha Aini menulis.” Jilat sana jilat sini. Emang anjing suka menjilat tapi klo tuannya di ganggu dia mengonggong.”

Kang Hendi

“Wah benar omongannya menggabarkan mendukung alzaitu anda telah memuji2 alzaiutn.” Tulis Kang Hendi.

Sedangkan @Dimaz Abu Alya menulis.” Fix ini ngabalin yg beking alzaytun….”

@Rusdie Moratti E menulis.” Orang sesat dibela orang sesat…..”

@Imam Alfatiqh juga menulis.”ngabalin.. jual keyakinan cuma utk duniawi

Dan masih ada ribuan komentar lainnya terkait pernyataan Ali Ngabalin saat membela Panji Gumilang.

Al Zaytun Menuai Kontroversi

Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun yang dipimpin oleh Panji Gumilang tengah menjadi perbincangan publik karena banyak menuai kontroversi. Mulai dari ajaran agama Islam yang ajarkan di Ponpes Al Zaytun diduga menyimpang hingga dikaitkan dengan Negara Islam Indonesia atau NII KW9.

Bahkan terbaru ada dugaan tindak pidana di Ponpes Al Zaytun. Hal itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD beberapa waktu lalu. Sebagai tindaklanjut Mabes Polri membentuk tim khusus untuk mendalami dugaan penistaan agama yang dilakukan pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang.

Pemerhati pesantren M. Najih Arromadloni mengungkapkan beberapa temuan dari penelitian non formal yang dilakukannya terhadap Ponpes Al Zaytun. Hal itu ia sampaikan saat hadir sebagai narasumber dalam program Catatan Demokrasi tvOne. Salah satunya indikasi Ponpes Al Zaytun dengan NII KW9.

Keterangan itu didapatnya setelah interaksi dengan beberapa mantan pengurus dan alumni di Ponpes Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat.

“Ini sebetulnya kalau kita tilik sejarahnya, Al Zaytun ini kan perkawinan dari NII dan ajaran isa bugis,” ungkapnya yang dilansir Youtube ReligiOne.

Ia menuturkan bahwa Isa Bugis ini punya murid bernama Musadeq yang mendirikan Al-Qiyadah dan sebagai penerusnya muncul Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara).

“Kenapa Isa Bugis sudah ditindak, kemudian Musadeq juga sudah ditindak, tapi Panji Gumilang kok tetep berlarut-larut, ini kan persoalan yang harus kita sayangkan,” ujarnya.

Padahal sudah hampir 30 tahun, jika merujuk pertama kali Pesantren Al Zaytun didirikan, antara 1996 hingga 1998. Menurutnya hal ini terjadi karena tidak ada ketegasan dari Pemerintah.

“Kalau kita lihat juga sekarang Al Zaytun ini bukan samar-samar lagi, faktanya sudah terang benderang. Bahkan Panji itu sudah mempropagandakan ajarannya ke publik,” tambahnya.

Hal ini menjadi hal serius, karena jika telah masuk tahap mempropagandakan, efeknya akan ada konsekuensi yang luas. Untuk itu, ia berharap adanya campur tangan dari pemerintah yang dapat menindak tegas dan menyelidiki.

Ponpes Al Zaytun dan Gerakan NII KW9 Lebih lanjut M. Najih Arromadloni mengungkapkan bahwa kelompok Al Zaytun sangat pintar untuk berkamuflase.

“Orang melihat ada bendera merah putihnya, menyanyikan Indonesia Raya, meskipun stanzanya berbeda, lalu ada pendeta yang ikut sholat, ini kan sebetulnya bagian dari kamuflase,” katanya.

“Al Zaytun sendiri sebetulnya adalah penjelmaan baru atau re-branding, atau reorganisasi dari NII kan,” ujarnya. Menurutnya, NII mengubah strategi dengan cara bermetamorfosis

“Dulu ada Kartosuwiryo, Daud Beureueh, ada Jaelani, kemudian dilanjutkan sekarang oleh Panji Gumilang,” jelasnya. Lanjut ungkap Najih Arromadloni bahwa pemberontakan atau upaya mendirikan Negara Islam Indonesia melalui jalur persenjataan sudah gagal pada tahun 1962. Maka mereka kemudian berupaya bergerak melalui kegiatan-kegiatan sosial, misalnya yang dibangun adalah MIM (Masyarakat Indonesia Membangun).

Lebih lanjut Najih menyebut bahwa kurikulum yang digunakan Ponpes Al Zaytun ada dua, yakni kurikulum resmi dan hidden kurikulum.

“Ada unsur memang bahwa santrinya ini adalah orang-orang NII, anak-anak orang NII dan ada juga orang luar,” ucapnya.

Untuk orang luar tidak diajarkan kurikulum NII, bahkan konon ketika beberapa orang pengen ikut baiat pun ditolak.

“Maksudnya ketika ada anak santri yang bukan orang tuanya bukan NII, ingin baiat NII, itu tolak oleh Panji gumilang,” terangnya.

“Jadi memang Panji Gumilang membuat satu sistem yang semacam itu, ada cluster-cluster yang yang boleh diketahui oleh umum, mana yang tidak boleh diketahui,” tambahnya.

Lalu apakah sistem tersebut untuk membedakan anak-anak NII dengan santri biasa? “Mungkin dulu posisinya mungkin 50 persen 50 persen kali. NII 50 persen, yang non NII 50 persen. Kalau sekarang mungkin sudah 90 persen, 90 persen santri di Al Zaytun itu keluarga dari NII, anak-anak TNI yang umum sudah sedikit sekali itu.” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA