Iklan
Iklan

Nike Bawa Kasus ‘Sepatu Setan’ Lil Nas X ke Pengadilan

- Advertisement -
Nike menuntut kolektif seni asal Brooklyn MSCHF atas sepasang “Sepatu Setan” kontroversial yang mengandung setetes darah manusia nyata di solnya.

Sepatu trainer seharga $1.018 (Rp 15 Juta), yang menampilkan salib terbalik, pentagram dan tulisan “Luke 10:18”, dibuat dengan menggunakan modifikasi Nike Air Max 97s.

MSCHF merilis 666 pasang sepatu pada hari Senin bekerja sama dengan rapper Lil Nas X dan mengatakan mereka terjual habis dalam waktu kurang dari satu menit.

Nike mengklaim pelanggaran merek dagang.

Sepatu berwarna hitam dan merah itu dirilis oleh MSCHF pada hari Senin, bertepatan dengan peluncuran lagu terbaru Lil Nas X Montero (Call Me By Your Name), yang memulai debutnya di YouTube Jumat lalu.

nike sepatu setan lil nas x

Dalam video musik itu, rapper tersebut terlihat meluncur turun dari tiang pole dance dari surga ke neraka, mengenakan sepasang sepatu trainer.

Perumpamaan dalam sepatu itu mengacu pada ayat Alkitab Lukas 10:18 – “Lalu kata Yesus kepada mereka: “Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit”.”

Setiap sepatu menampilkan sol bantalan gelembung udara Nike yang khas, berisi tinta merah 60 sentimeter kubik dan setetes darah manusia, yang disumbangkan oleh anggota kolektif seni.

Perusahaan sepatu olahraga itu mengatakan dalam pengajuan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur New York bahwa mereka tidak menyetujui atau mengesahkan Sepatu Setan custom tersebut.

nike sepatu setan lil nas x

Nike meminta pengadilan untuk menghentikan MSCHF menjual sepatu dan mencegah mereka menggunakan merek desain Swoosh yang terkenal.

“MSCHF dan Sepatu Setannya yang tidak resmi kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan dan pengenceran serta menciptakan hubungan yang salah antara produk MSCHF dan Nike,” kata perusahaan sepatu olahraga itu dalam gugatan tersebut.

“Faktanya, sudah ada bukti kebingungan dan pengenceran yang signifikan yang terjadi di pasar, termasuk seruan untuk memboikot produk Nike sebagai tanggapan atas peluncuran Sepatu Setan MSCHF, berdasarkan keyakinan yang keliru bahwa Nike telah mengizinkan atau menyetujui produk ini.”

nike sepatu setan lil nas x

Gugatan tersebut mengutip tweet oleh influencer sepatu populer @Saint dari Jumat lalu, yang membicarakan perilisan sepatu yang akan datang dan memicu publisitas selama akhir pekan di media sosial dan di media AS.

Beberapa orang dari kelompok Konservatif, termasuk Gubernur Dakota Selatan Kristi Noem, dan beberapa pengikut agama, tersinggung dengan desain sepatu yang kontroversial dan mengkritik Lil Nas X dan MSCHF di Twitter.

Lil Nas X membalas gubernur dan kritikus lainnya di Twitter, dan pada hari Senin men-tweet beberapa meme di profilnya sebagai tanggapan atas berita tentang gugatan Nike.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA