Iklan
Iklan

Para Pembalap MotoGP Memuji Kualitas Aspal Sirkuit Mandalika

- Advertisement -

Para pembalap MotoGP memuji kualitas aspal Sirkuit Mandalika yang menjadi tuan rumah Grand Prix seri ke-15 akhir pekan ini. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

“Tadi saya sempat berbincang dengan sejumlah pembalap usai mereka latihan bebas dan mereka mengatakan trek bersih,” ujar Priandhi dikutip dari Tempo, Jumat, 13 Oktober 2023.

Priandhi juga menyebut sejumlah pembalap MotoGP seperti Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), dan lainnya sempat berbincang tentang kondisi aspal.

Dia juga mengaku hari pertama latihan juga tidak mendapatkan keluhan atau permintaan dari Dorna soal kondisi sirkuit. Menurut dia, pukul 17.00 WITA belum ada permintaan atau keluhan yang masuk ke MGPA.

“Biasanya langsung ada notice kalau ada permintaan tertentu, misal, kalau ada tetesan oli, mereka minta langsung dibersihkan, atau trek kotor langsung minta ditangani,” katanya.

Priandhi menambahkan bahwa MGPA membuat inovasi alat pembersih aspal atau trek dengan memanfaatkan peralatan yang ada. Salah satunya adalah memodifikasi mobil tanki penyiram tanaman menjadi mobil pembersih lintasan.

Alat ini digunakan untuk menjaga permukaan sirkuit tetap bersih dari debu.

“Kalau beli, nozzle atau alat semprotan dengan kekuatan tertentu itu harganya mahal sekali. Perlu total 7 nozzle dengan harga sekitar US$ 25 ribu. Lalu kami membuat sendiri dengan total biaya hanya Rp 7,5 juta. Alatnya bisa dipakai dengan baik,” tutur dia.

Dia juga menceritakan bahwa MGPA melakukan pengaspalan ulang sirkuit sebelum pelaksanaan MotoGP Mandalika. Pengaspalan ulang dilakukan karena aspal di sebagian wilayah ada yang mengelupas. “Aspalnya baru, teknologi baru, dan yang pasti berbeda,” ujar dia.

Menurut dia, pengaspalan dilakukan oleh Dormo dari Italia. Dromo merupakan konsultan yang memiliki spesialisasi memperbaiki sirkuit yang tidak bagus. Pengaspalan dilakukan secara menyeluruh, dikeruk 6 cm, dan dilapis ulang 6 cm.

Perbaikan juga dilakukan pada kerb sirkuit, terutama kerb di Tikungan 3 dan 4 diganti baru. “Disamakan dengan tikungan lain, namanya Kerb Misano, jadi semua sekarang seragam,” tutur Priandhi.

Sesi latihan MotoGP mencatat Aleix Espargaro (Aprilia) sebagai pembalap tercepat dengan waktu 1 menit 30,474 detik. Rekan satu tim Espargaro, Maverick Vinales, mengekor di belakangnya dengan waktu selisih +0,154 detik.

Pembalap MotoGP dari Mooney VR46 Racing Team yang minggu lalu baru menjalani operasi patah tulang selangka kiri, Marco Bezzecchi, secara mengejutkan tampil tercepat ketiga dengan selisih hanya +0,170 detik.

Sabtu pagi ini kelas MotoGP akan dilanjutkan dengan Latihan Bebas kedua pada pukul 10.10-10.40 WITA, dilanjutkan dengan Kualifikasi 1 pada 10.50-11.05 WITA, dan Kualifikasi 2 pada 11.15-10.30 WITA.

Sedangkan sesi Sprint Race dilakukan pada pukul 15.00-15.45 WITA.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA