Iklan
Iklan

Pasangan Prabowo dan Gibran: Gerus Suara Ganjar-Mahfud, Untungkan Pasangan AMIN

- Advertisement -

Pasangan Prabowo dan Gibran kini tengah mendapat respons sejumlah pihak, bahkan menyulut berbagai komentar dari kalangan pengamat, termasuk Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Burhanuddin, memaparkan problematika pasangan Prabowo dan Gibran yang kini telah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden.

Pengamat ini menilai langkah Prabowo menggandeng Gibran bisa saja menguntungkan pasangan capres-cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

“Saya punya argumen yang lagi-lagi perlu dites secara empirik, Pasangan Prabowo dan Gibran ini merugikan Ganjar menguntungkan Anies,” ujar Burhanuddin dalam tayangan Metro TV, Rabu, 25 Oktober 2023.

Burhanuddin juga telah memetakan potensi basis suara Prabowo di Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Gerindra itu disebut bakal kelimpahan 30 persen basis suara dari pendukung Joko Widodo di Pilpres 2014 dan 2019, dan 58 persen dari pendukung setia Prabowo.

Namun, sekitar 38 persen pendukung Prabowo di Pilpres 2019 sudah berpindah ke pasangan AMIN. Pergeseran suara ini akibat kekecewaan sebagian pendukung setelah Prabowo masuk dalam pemerintahan Jokowi.

Di samping itu, besar kemungkinan ada pergeseran suara lagi ke Anies-Muhaimin dari pendukung yang tak suka dengan komposisi Prabowo-Gibran.

“Kalau misalnya pendukung Prabowo yang lama tidak happy dengan pilihan cawapres, ini bisa menjadi masalah serius, karena bagaimanapun sebagian pendukung Pak Prabowo yang lama itu karakter dan sikap politiknya cenderung kritis terhadap Pak Jokowi,” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA