Iklan
Iklan

Patrick Lesmana, 2022 Rilis Album Instrumental Gitar Perdana “Yabai”

- Advertisement -
Patrick Lesmana, solois gitar asal malang, jawa timur mencoba langkah berbeda dengan memperkenalkan karya musik dan lagunya ke industri musik Indonesia dalam kemasan album instrumental perdana yang di beri judul “Yabai”.

Hadir di tengah – tengah hingar bingar bermunculannya single plus album karya musisi tanah air yang mengedepankan lirik sebagai jembatan penyampaian cerita dan makna dari sebuah karya lagu, Patrick Lesmana Hadir dengan karya instrumental.

Tumbuh di era milenial namun tertarik dengan magis musik – musik progessive rock / jazz rock medio 60 – 80 an membuat Patrick Lesmana sangat intens menyimak karya – karya musisi dunia seperti ‘King Crimson, Frank Zappa, Yes, Genesis, Weed, Kansas, I.O.U (Allan holdsworth), Casiopea’ dan lain – lain.

Patrick Lesmana
Foto: Cadaazz Pustaka Musik

“Dari semuanya yang saya simak diatas, Frank Zappa dan Allan Holdsworth adalah inspirasi terbesar saya, terutama dalam bermain gitar sehingga cukup besar mempengaruhi saya dalam menuangkan elemen musik tersebut dalam album perdana saya”, jelas Patrick.

“Yabai” adalah istilah dalam Bahasa Jepang yang sebenarnya dapat memiliki arti (Waduh!, Bahaya!, Sialan!) atau (Wah! Keren! Gokil!) namun dalam album perdana ini Patrick Lesmana mengungkapkannya sebagai sebuah kepanikan.

Kepanikan dalam hal ini menyangkut eksistensinya sebagai gitaris yang merasa belum mempunyai rilisan karya di sepanjang karirnya sementara itu teman – teman sesama musisi di malang sudah menggelontorkan banyak karya.

Patrick Lesmana

Album “Yabai” ini mengusung tema yang terinspirasi dari musik – musik soundtrack game konsol masa lalu seperti  Playstation 1, Nintendo dan sejenisnya.

“Saya pribadi sangat menggemari nada nada dari game – game tersebut, disamping catchy, banyak elemen jazz atau fusion yang melekat pada soundtrack – soundtrack tersebut. Selain progessive rock dan jazz rock, genre Jazz Fusion sendiri merupakan salah satu influence utama saya dalam membuat album ini terutama musik Jazz Fusion yang populer di Jepang seperti Maoki Yamamoto, Casiopea, Tsquare dan Trixx”, terang Patrick.

“Nada nada yang tidak tertebak serta diakhiri dengan reff / unison yang manis khas musik Pop Jepang pada saat itu sangat memotivasi saya untuk akhirnya membuat album saya sendiri”, tambah Patrick lagi.

Patrick Lesmana
Foto: Cadaazz Pustaka Musik

Secara garis besar, “Yabai” merupakan pencampuran dari elemen musik jazz-fusion dengan prog-rock serta elemen avantgarde yang mempengaruhi susunan lagu-lagu yang terkandung didalamnya. Yang menarik dari album ini adalah sebagai solois gitar, Patrick Lesmana tidak berusaha menampilkan gitar sebagai instrumen utamanya melainkan semua instrumen bermain dengan porsi yang sama, dalam hal ini gitaris kelahiran 1996 tersebut lebih menonjolkan komposisi dalam setiap lagu di album tersebut.

Bekerjasama dengan Cadaazz Pustaka Musik sebagai label dan Musicblast sebagai aggregator yang mendistribusikan digital nya, Patrick lesmana memperkenalkan 5 karya perdana nya di album “Yabai” tersebut yaitu : “Lucid Winter, Yabai, Paradise of Inner Fire, Yamanote Line dan Safe Flight”, dan lagu berjudul “Paradise of Inner Fire” adalah lagu yang dirilis sebagai single pertama dan sudah dibuatkan video klipnya. Single pertama yang berjudul “Paradise of Inner Fire” ini terinspirasi dari game sci-fi yang bertemakan petualangan, dominasi progesi mayor minor dipilih untuk mewakili sifat sci-fi yang imajiner dan misterius.

Patrick Lesmana
Foto: Cadaazz Pustaka Musik

Dalam proses kreatif pembuatan album ini Patrick Lesmana mengerjakan keseluruhan instrument musik seperti gitar, piano, bass, synthesizer sampai drum programming di studio pribadinya yaitu Suara Wibu Production dengan menghadirkan musisi tamu kehormatan yaitu Agus Prabowo (bass) dan Rhesdyan Suherman (drum) di lagu “Paradise of Inner Fire”.

Single pertama Patrick Lesmana yang berjudul “Paradise of Inner Fire” sudah bisa dinikmati dan disimak di akun youtube official Musicblast, sementara itu full audio album “Yabai” dari Patrick Lesmana sendiri sudah dapat didownload di seluruh digital store kesayangan para pecinta musik tanah air. Salam Musik Indonesia!!

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA