Beranda HUKUM Pembobol ATM di Tasikmalaya Ditangkap saat Terkurung di Basement

Pembobol ATM di Tasikmalaya Ditangkap saat Terkurung di Basement

Pembobolan ATM
Kasus pembobolan ATM terjadi, Sebanyak dua pencurian bermodus ganjal kartu ATM di Kota Tasikmalaya ditangkap pada Selasa (20/9) pagi. Mereka ketahuan saat beraksi yang berujung kini mendekam di balik jeruji besi dan kasusnya ditangani polisi.

Pelaku yang tengah berusaha menggasak uang di gerai mesin ATM sebuah toserba di Jalan HZ Mustofa Kota Tasikmalaya itu dipergoki seorang petugas kebersihan.

Samsul Basuki petugas keamanan setempat mengatakan kejadian itu berawal sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itu petugas kebersihan melaksanakan tugasnya membersihkan gerai ATM. Petugas bernama Miftah itu mendapati dua pelaku sedang berada di ruang ATM.

“Salah seorang pelaku mengaku kartunya tertelan. Lalu oleh petugas diarahkan agar mengurusnya ke kantor cabang,” jelas Samsul.

Petugas kebersihan yang curiga itu lalu keluar dan mengintai gerak-gerik kedua pria tersebut dari luar gerai. Tak lama berselang pelaku terlihat berusaha mencongkel ATM, lalu salah seorang di antaranya keluar menyiapkan sepeda motor seperti bersiap kabur.

“Pelaku berusaha merusak mesin ATM, perbuatan itu terlihat dari rekaman CCTV,” kata Samsul.

Kemudian setelah pelaku yang di dalam gerai ATM keluar, petugas kebersihan menegur pelaku. Pelaku kaget dan berusaha melarikan diri. Pelaku juga sempat memukulkan helm ke petugas kebersihan agar bisa leluasa kabur.

Tapi warga lain yang mengadang. Kedua pelaku akhirnya melarikan diri dan meninggalkan sepeda motornya. Kedua pelaku kabur ke basement Toserba lain yang berada di seberang jalan.

“Nah kami lalu berkoordinasi dengan satpam yang ada di basement. Semua akses keluar dikunci, dia nggak bisa kabur lagi,” ujar Samsul.

Kedua pelaku itu akhirnya berhasil ditangkap satpam dibantu warga, hingga akhirnya diserahkan kepada polisi.

BACA JUGA  Pesta Narkoba, 3 Pria di Tulang Bawang Ditangkap

Kasus pencuri uang di ATM dengan modus ganjal kartu ini merupakan yang kedua terjadi di Kota Tasikmalaya dalam sebulan terakhir.

Sebelumnya polisi yang sedang berpatroli di gerai ATM SPBU Jalan RE Martadinata Kota Tasikmalaya juga memergoki aksi serupa. Polisi akhirnya berhasil menangkap kedua pelaku setelah drama kejar-kejaran di jalanan.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengimbau masyarakat mewaspadai modus pencurian di mesin ATM ini.

“Jika terjadi gangguan seperti kartu tak keluar, jangan meminta bantuan pada orang tak dikenal lebih baik minta bantuan Satpam. Kemudian jangan sekali-kali memberikan PIN kepada siapa pun,” tutup Aszhari. (Kay)

Artikulli paraprakInilah 6 Dampak Buruk Menonton Video Porno
Artikulli tjetërAlvin Lim Dilaporkan Persatuan Kejaksaan DKI Terkait Konten “Kejaksaan Sarang Mafia”