Iklan
Iklan

Pencegahan Kematian Akibat Stroke Global Meningkat 50%

- Advertisement -

Organisasi Stroke Dunia menyerukan kepada pemerintah dan sistem perawatan kesehatan untuk menerapkan rekomendasi tentang pencegahan kematian akibat stroke yang ditetapkan dalam laporan Komisi Neurologi WSO-Lancet yang baru.

Laporan Komisi, berdasarkan tinjauan komprehensif terhadap data survei, pedoman dan wawancara ahli, memproyeksikan peningkatan pencegahan kematian akibat stroke sebesar 50% yang akan merenggut 9,7 juta jiwa per tahun pada tahun 2050. Lebih dari 90% kematian akibat stroke akan terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Didorong oleh peningkatan prevalensi faktor risiko stroke, termasuk hipertensi dan diabetes di antara populasi yang lebih muda, kejadian stroke meningkat pada orang muda dan setengah baya (usia <55 tahun) berkontribusi terhadap biaya global yang melonjak menjadi US $ 2,31 triliun pada tahun 2050. Sedangkan untuk kematian akibat stroke, prevalensi kecacatan terkait stroke juga meningkat pada kecepatan yang lebih cepat di LMIC daripada di negara-negara berpenghasilan tinggi.

“Kehancuran yang disebabkan oleh kematian akibat stroke dan kecacatan tidak bisa dihindari,” kata Presiden WSO Prof Sheila Martins

Stroke sangat dapat dicegah, dengan faktor risiko yang mudah diidentifikasi seperti tekanan darah tinggi, fibrilasi atrium, merokok, aktivitas fisik, diabetes, kolesterol tinggi, penggunaan tembakau dan alkohol.

Risiko yang dapat dikelola ini menyumbang sekitar 90% dari semua stroke. Ada rekomendasi dan intervensi yang jelas dan hemat biaya yang dapat dengan mudah diimplementasikan, dan yang kita tahu akan menyelamatkan nyawa.

WSO berkomitmen untuk memberikan dukungan teknis untuk membantu pemerintah mengembangkan dan menerapkan strategi pengawasan dan pencegahan stroke nasional yang koheren yang dapat secara dramatis mengurangi beban stroke. Itu bisa dilakukan, dan biaya tidak bertindak terlalu tinggi untuk menunggu lebih lama lagi. Kita membutuhkan dunia untuk bertindak sekarang.”

Kematian Akibat Stroke
One in four of us will have a stroke in our lifetime. World Stroke Day #GreaterThan stroke campaign.

Rekomendasi utama dari laporan Komisi termasuk meningkatkan akses ke obat-obatan yang terjangkau untuk pencegahan stroke primer dan sekunder sebagai bagian dari Cakupan Kesehatan Universal, yang berpotensi didanai melalui perpajakan tembakau, alkohol dan gula.

Mengembangkan tenaga kesehatan masyarakat juga disorot, dengan fokus pada penerapan pembagian tugas / pergeseran berbasis protokol dari dokter dan staf perawat yang sangat terlatih ke petugas kesehatan masyarakat terlatih yang dapat melibatkan dan mendukung individu mengidentifikasi dan mengatasi risiko stroke mereka.

Insentif keuangan juga harus ditawarkan untuk meningkatkan retensi staf dan mendorong relokasi ke daerah pedesaan. Laporan ini juga merekomendasikan tindakan untuk meningkatkan literasi kesehatan dalam kaitannya dengan pencegahan stroke.

Sumber: World Stroke Organization

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA