Iklan
Iklan

Pencopotan Direktur Pertamina oleh Erick Thohir Bernuansa Politis

- Advertisement -
Pencopotan Direktur Pertamina oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ditanggapi oleh Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usma.

Yusri mengatakan pencopotan Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi oleh Erick Thohir merupakan buntut dari kasus kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat pekan lalu.

Namun Yusri menilai kebijakan Erick melakukan pencopotan Direktur Pertamina tersebut aneh lantaran Dedi bukan pejabat yang terkait langsung dengan peristiwa kecelakaan tersebut.

“Bisa dibaca publik, kebijakan Menteri BUMN ini terkesan bernuansa politis,” ujar Yusri, Rabu, 8 Maret 2023.

Yusri mengatakan, setelah dibentuk organisasi Pertamina Holding dengan Subholding oleh Kementerian BUMN, maka kendali penuh operasi distribusi BBM berada langsung di Subholding. Artinya, kendali berada di PT Pertamina Patra Niaga.

Karena itu, ia mempertanyakan alasan Erick mencopot Direktur Pengembang Bisnis Pertamina Holding. Sebab, kata dia, rentang kendalinya jauh di atas dengan kebakaran depo TBBM Plumpang.

Jika tindakan hukuman yang diambil Kementerian BUMN berkaitan kebakaran Depo TBBM Plumpang, Yusri berpendapat langkah Erick meleset. Karena, menurut Yusri, akan lebih tepat jika yang dicopot adalah Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution.

“Atau setidak tidaknya mencopot Eksekutif General Manager Pertamina MOR (Marketing Operation Regional) III,” ujarnya.

Sebab posisi tersebut bertanggung jawab langsung untuk TBBM di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor dan Bekasi. Selain itu, Yusri menilai lebih tepat lagi bila yang dicopot adalah Kepala Depo TBBM Plumpang.

Kemudian apabila melihat kebakaran beruntun selama dua tahun terakhir, Yusri berujar seharusnya Direktur Utama PT Pertamina Holding, Nicke Widyawati yang dicopot oleh Menteri BUMN. Terlebih kejadian kebakaran di terminal BBM Pertamina telah terjadi berulang kali, seperti di Kilang Balongan, Kilang Cilacap dan Kilang Balikpapan.

Kebakaran juga pernah terjadi di trafo pembangkit listrik blok Rokan pada 7 Desember 2022 yang menyebabkan terjadinya unplaned shutdown berakibat produksinya sempat anjlok hingga 70.000 barel per hari.

Seperti diberitakan sebelumnya, Erick Thohir telah resmi mencopot Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina (Persero) Dedi Sunardi.

Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina yang digelar pada hari ini, Rabu, 8 Maret 2023.

Dalam surat nomor SK-43/MBU/03/2023 tentang pemberhentian anggota direksi Pertamina memutuskan pemberhentian dengan hormat Dedi Sunardi sebagai Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Dedi

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyatakan jabatan Direktur Penunjang Bisnis Perusahaan Pertamina akan dirangkaptugaskan oleh Direktur Logistik dan

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA