Beranda NASIONAL Pendatang dari Sumatera ke Jawa, 137 Orang Positif Covid-19

Pendatang dari Sumatera ke Jawa, 137 Orang Positif Covid-19

Sumatera
Pendatang dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa 137 orang diantaranya positif covid-19. Hal itu ditemukan oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Penemuan itu seluruhnya didapati hari, Kamis (27/5/2021).

“Hari ini kita temukan 137 yang positif dari Sumatera, Lampung ke kita [Pulau Jawa],” ujar Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Warsito dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX di Komplek DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Ganip mengungkapkan kasus tersebut didapat setelah dilakukan pemeriksaan swab terhadap pelaku perjalanan yang baru datang ke Pulau Jawa. Namun dia tidak merinci dimana lokasi pelaku perjalanan tersebut.

Menurutnya, dua orang dari 137 pelaku perjalanan tersebut dirawat di rumah sakit. Sementara sisanya telah dikarantina sesuai standar operasional prosedur yang berlaku.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pasca libur panjang Idul Fitri 1442 H, ia mengatakan pemerintah terus mengupayakan pengawasan dan pemeriksaan pada pelaku perjalanan, khususnya dari Pulau Sumatera ke Jawa.

Ganip mengatakan ini merupakan satu dari berbagai upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus. Di luar itu ia mengandalkan penguatan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mikro.

Dalam penanganan covid-19, ia mengatakan akan meneruskan strategi dari pendahulunya sebagai pimpinan Satgas Penanganan Covid, Doni Monardo.

“Saya selaku pejabat baru akan melanjutkan jurus-jurus itu. Di samping itu, secara bertahap kita lakukan evaluasi untuk menyempurnakan hal-hal terkait kelemahan yang selama ini terjadi di lapangan,” ujar Ganip.

Sebelumnya, sejumlah klaster halal bihalal lebaran hingga mudik mulai bermunculan di sejumlah daerah. Satgas Penanganan Covid-19 mencatat kasus terkonfirmasi naik 36 persen dalam sepekan.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprak1.500 WNI Terlibat Aksi Terorisme di Luar Negeri
Artikulli tjetërPendaftaran Banpres via BRI dan BNI: Cek Di Sini Daftar Penerima BPUM atau BLT UMKM Rp 1,2 juta