Beranda POLITIK Peneliti: Luhut Pandjaitan Sosok yang Dipercaya Jokowi dengan Berderet Jabatan Penting

Peneliti: Luhut Pandjaitan Sosok yang Dipercaya Jokowi dengan Berderet Jabatan Penting

Luhut Pandjaitan
Luhut Pandjaitan boleh saja dikritik oleh partai pengusung Jokowi PDIP, namun hingga kini Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) merupakan sosok yang sangat dipercaya oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menurut peneliti Ahli Utama Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor, ada kemungkinan Presiden Jokowi menilai bahwa Luhut Pandjaitan adalah sosok yang bisa dipercaya.

“Mungkin di mata Pak Jokowi, Pak Luhut adalah orang yang bisa dipercaya dan sanggup mengeksekusi yang dia inginkan.”

“Terbukti dari berderetnya jabatan yang diberikan pada beliau,” ujar  Firman Noor dikutip dari Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Pernyataan Firman tersebut disampaikan untuk menjawab isu adanya kemungkinan pergantian jabatan pasca-Jokowi melarang menterinya membicarakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Presiden.

Luhut Pandjaitan disebut-sebut merupakan salah satu menteri yang menyampaikan wacana itu. Namun Firman mengungkapkan, kecil kemungkinan Luhut dicopot dari jabatannya. Sebab, ada chemistry dengan Jokowi.

Bahkan, Firman menyebut tidak ada yang bisa dibandingkan dengan Luhut. “Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan dia. Karena kita ngomong dari sisi chemistry. Enggak usah negara, perusahaan aja pasti ingin ada seseorang yang bisa dia trust,” ujarnya.

Bahkan kata Firman, hingga saat ini publik belum melihat adanya masalah antara Jokowi dengan Luhut. “Di mata Pak Jokowi sebagai Presiden, dia (Luhut) baik-baik saja,” ujarnya.

 

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakSurvei: 71,8 Persen Masyarakat Tidak Percaya Big Data Luhut Pandjaitan
Artikulli tjetër6 Mitos Puasa yang Tak Perlu Dipercaya