Iklan
Iklan

Pengamat Yakin Prabowo Subianto akan Mendapat Dukungan Penuh dari Jokowi

- Advertisement -
Prabowo Subianto sepertinya akan mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul.

Dia menyebut,  Prabowo Subianto mendapatkan hal itu bisa terlihat dari besarnya koalisi yang saat ini terbentuk dibawah komando menteri pertahanan (menhan) tersebut.

Apalagi, kini empat partai yang tergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) menjadi bagian koalisi pemerintahan Presiden Jokowi.

“Saya meyakini, ketika Prabowo dengan koalisi yang terbentuk besar saat ini, saya mengatakan dan meyakini dengan analisa komunikasi politik, Prabowo itu di-endorse oleh Jokowi,” ujar Adib di Jakarta.

Dukungan penuh yang didapatkan Prabowo dari Presiden Jokowi memang perlahan mulai muncul ke permukaan. Salah satu yang menjadi pemicunya adalah ketika capres KKIB itu kerap bertemu dan mendampingi Presiden Jokowi di berbagai kesempatan, termasuk di acara kunjungan kenegaraan. Meski sempat bersaing pada Pilpres 2014 dan 2019, kini Jokowi dan Prabowo sering berbincang dan menyantap makanan bersama.

Tak hanya itu, Prabowo Subianto juga selalu hadir di berbagai kunjungan kenegaraan menemani Presiden Jokowi. Seperti beberapa waktu lalu ketika Prabowo menemani RI 1 kunjungan ke Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim).

Imbas dari kedekatan Prabowo dengan Presiden Jokowi tercermin dari melonjaknya elektabilitas Prabowo Subianto dari hasil survei terbaru yang dikeluarkan oleh Voxpol Center Research & Consulting. Pada survei yang diselenggarakan 24 Juli-2 Agustus 2023, elektabilitas Prabowo mencapai 36,5 persen, disusul oleh Ganjar Pranowo 30,4 persen, dan Anies Rasyid Baswedan 26,4 persen.

Adib juga meyakini adanya kedekatan Prabowo dengan Presiden Jokowi menjadi salah satu pendongkrak elektabilitas orang nomor satu di Kemenhan itu menjelang Pilpres 2024.

Selain itu, adanya perubahan sikap dan juga keluwesan Prabowo dalam hal berkomunikasi dengan semua kalangan masyarakat menjadi daya tarik yang signifikan bagi Prabowo pada pencoblosan kali ini.

“Endorsement Jokowi saya masih meyakini bahwa ini ada di Prabowo. Itulah yang menyebabkan survei ini juga menjadi indikator kenapa dia bisa unggul lagi melawan Capres potensial dua lainnya,” pungkas Adib.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA