Iklan
Iklan

Pernyataan Moeldoko Terhadap Rocky Gerung Dinilai Telah Mengancam Demokrasi

- Advertisement -
Pernyataan Moeldoko terhadap Rocky Gerung yang mengatakan untuk jangan coba-coba mengganggu presiden dinilai berbahaya.

Sebab pernyataan Moeldoko tersebut akan merusak kebebasan berpendapat sudah menjadi amanat konstitusi dalam menjalankan demokrasi.

“Iya, berbahaya bagi demokrasi, seperti mengancam menggunakan kekuasaan,” ujar akademisi dan peneliti hukum tata negara Bivitri Susanti, Jumat, 4 Agustus 2023.

Mantan panglima TNI itu sebelumnya menilai pernyataan pengamat politik Rocky Gerung sudah masuk ke ranah pribadi, sehingga sangat wajar banyak masyarakat yang melaporkan.

Moeldoko meminta Rocky Gerung tidak lagi melontarkan pernyataan yang cenderung menyerang pribadi Presiden Jokowi.

Dia menekankan salah satu tugas KSP adalah menjaga kehormatan kepala negara. Pihaknya bisa melakukan tindakan tegas sesuai koridor hukum dalam menjaga kehormatan presiden.

“Jadi jangan coba-coba mengganggu presiden. Saya ingin tegaskan itu, dan nyata-nyata telah membawa situasi yang enggak baik. Seorang intelektual harus betul-betul bisa memberikan suri tauladan kepada anak cucu kita karena akan membawa preseden yang kurang baik ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) M Isnur berpendapat pernyataan Moeldoko bertentangan dengan sikap Presiden yang menanggapi kritikan Rocky dengan santai. Bahkan Moeldoko dinilai seperti preman

“Kenapa dia jadi bersikap seperti preman gitu? Bahkan cenderung memprovokasi warga dengan berlebihan dan tidak menunjukkan diri sebagai Kepala KSP (Kantor Staf Presiden),” kata Isnur dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 4 Agustus 2023.

Seharusnya, lanjut Isnur, Moeldoko dapat menunjukkan sikap yang senada dengan Jokowi atas kritikan Rocky. Sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko diingatkan bahwa konstitusi menjamin setiap orang untuk berekspresi dan berpendapat.

Isnur menilai pernyataan Moeldoko malah akan membuat suasana semakin gaduh. “Ini bahaya dalam konteks dia sebagai pejabat publik. Jadi Jokowi harus mengevaluasi sikapnya Moeldoko,” ujarnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA