Iklan
Iklan

Pertama di Indonesia Health Insurtech Rey Rilis Membership Kesehatan Terjangkau Berbasis Proteksi

- Advertisement -
Rey, startup insurtech kesehatan yang terintegrasi pertama di Indonesia pada hari ini  mengumumkan pendanaan baru sebesar 4,2 juta USD. Seri pendanaan dipimpin oleh Trans-Pacific Technology Fund (TPTF), Genesia Ventures, dan PT Reycom Document Solusi (RDS).

Rey juga merilis produk- produk asuransi eksklusif yang merupakan produk signature miliknya yang akan menjadi komponen utama membership Rey dengan didukung oleh ekosistem kesehatan, kebugaran, dan klaim cashless yang  terintegrasi dari ujung ke ujung (end to end). Dari sisi teknologi, Rey berhasil memperoleh sertifikasi ISO/IEC 27001/2013 yang merupakan standarisasi Manajemen Informasi, perlindungan, dan enkripsi data.

CEO dan Co-Founder Rey Evan Wijaya Tanotogono menjelaskan bahwa Rey bercita-cita turut berkontribusi mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan terproteksi. Untuk itu, Rey membuka seluas-luasnya akses masyarakat terhadap asuransi kesehatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dengan biaya terjangkau sekaligus bisa mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik. Hal ini lantaran ia melihat penetrasi asuransi di Indonesia masih rendah dan layanan kesehatan sampai saat ini masih terkonsentrasi pada wilayah tertentu.

Proteksi kesehatan dengan konsep lebih transparan, efisien, dan terjangkau

Rey menjadi aplikasi kesehatan pertama di Indonesia yang menerapkan sistem membership berbasis proteksi. Sinergi antara layanan kesehatan dan produk proteksi menjadikan akses terhadap layanan kesehatan lebih pasti, terjangkau, dan terintegrasi ujung ke ujung.

Layaknya layanan streaming musik dan hiburan, Member Rey dapat berlangganan dengan biaya yang cukup terjangkau. Dalam membership Rey, masing-masing Member dapat memilih produk proteksi kesehatan yang sesuai dengan perlindungan. Produk proteksi ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur ekosistem kesehatan sehingga Rey hadir menjadi one-stop solution yang melindungi sekaligus melayani kebutuhan kesehatan para Member.

Proteksi kesehatan yang dapat diakses melalui Rey saat ini mencakup rawat jalan dan rawat inap. Saat pertama kali menjadi Member maka membershipnya sudah mencakup manfaat rawat jalan yang disediakan dari polis Rey Outpatient Care dan dilengkapi dengan fitur-fitur utama Rey, yaitu ReyCare, ReyCard, dan ReyFit. Semuanya dapat diperoleh dengan harga langganan mulai dari Rp35 ribu per bulan saja.

ReyCare merupakan fitur yang melayani Member dalam mengakses seluruh layanan kesehatan. Mulai dari chat dokter online sepuasnya untuk mendapatkan triase dan tindakan lanjutan yang sesuai, penebusan resep online, dan pembuatan janji dengan dokter offline (tatap muka), hingga proses pembayaran yang terjadi di rumah sakit. Semuanya dilakukan tanpa biaya tambahan, dilakukan secara digital melalui aplikasi Rey, dan dibantu oleh tim ReyCare yang ramah.

Selain ReyCare, Member juga akan memperoleh ReyCard, yaitu kartu debit berbasis jaringan GPN yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran cashless di faskes mana pun di seluruh Indonesia.

Terakhir, Member Rey juga dimotivasi untuk terus menjalankan hidup lebih sehat melalui fitur ReyFit. Sementara itu, polis Rey Outpatient Care sendiri menanggung biaya medis apabila Member sampai berobat offline, termasuk konsultasi dokter umum dan dokter spesialis, pemeriksaan laboratorium, tebus resep obat lewat aplikasi, rawat jalan darurat akibat kecelakaan.

Apabila Member ingin menambahkan dengan rawat inap, harganya sangat terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Rey menawarkan tiga cakupan rawat inap. Adapun yang paling komprehensif, Rey Complete Care, mengcover semua kondisi kesehatan selama tidak masuk ke dalam pengecualian.

Rey Complete Care memberikan pertanggungan biaya medis rawat inap hingga batas limit tahunan Rp1 miliar, perawatan kamar 1 tempat tidur di Indonesia dan Malaysia. Semuanya sesuai tagihan atau as charge. Tambahan polis rawat inap Rey Complete Care dapat diperoleh Member mulai dari Rp105 ribu per bulan saja.

Apabila Member menginginkan perlindungan yang lebih terjangkau, Rey menyediakan Rey Accident & Infection Care, yaitu asuransi rawat inap yang mengcover risiko cedera akibat kecelakaan serta 16 penyakit menular. Polis Rey Accident & Infection Care dimulai dari Rp95 ribu per bulan. Kemudian, Rey Critical Care yang mengcover 9 risiko penyakit kritis termasuk kanker, serangan jantung, stroke, hingga gagal ginjal. Tidak tanggung-tanggung, produk ini sudah dapat diperoleh mulai dari Rp10 ribu per bulan.

“Dengan pendekatan digital first secara operasional maupun distribusi akses produk, Rey dapat memberikan premi yang lebih terjangkau kepada pengguna. Hal ini juga diperkuat oleh optimalisasi layanan kesehatan yang terintegrasi.

Selain itu, dengan pendekatan ini, kami juga dapat menyajikan informasi yang lebih efisien dan straightforward sehingga masing-masing calon Member mendapatkan kebebasan untuk menelaah, memilih, dan membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka semudah mengakses dari gadget masing-masing,” ujar Evan.

Proses pembayaran premi keanggotaan pun sangat mudah, yakni setelah proses pengisian data dilengkapi, calon Member dapat memilih metode membership secara bulanan atau tahunan   menggunakan kartu kredit, e-wallet (OVO, DANA, Shopee), atau transfer Virtual Account (VA).

Proses yang Nyaman dan Klaim yang Mudah di mana saja

Kenyamanan Member. Itulah yang menjadi ‘obsesi’ dari Rey. Kembali berkiblat pada proses operasional yang digital first, banyak proses yang sebelumnya terjadi secara offline dan kini telah terinkorporasi secara digital melalui aplikasi Rey. Salah satu contohnya adalah mendigitalisasi rawat jalan primer yang berfokus pada kualitas layanan.

Dengan menggunakan fitur chat dokter yang disediakan unlimitedMember dapat segera mendapatkan diagnosis awal yang dapat dilanjutkan dengan pemberian resep obat yang tentunya dilakukan oleh dokter yang ada dalam tim ReyCare.

Tentunya, dapat dipastikan, semua dokter dalam tim ReyCare memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP) serta melaksanakan konsultasi berdasarkan SOP yang sesuai dengan kaidah  kedokteran. Resep dokter pun dapat ditebus langsung melalui aplikasi untuk untuk dikirim, maupun diambil sendiri secara offline.

Semuanya sesuai preferensi dan kenyamanan Member. Jika diberikan rekomendasi untuk menemui dokter secara tatap muka maka tim ReyCare akan membantu proses pemilihan rumah sakit atau dokter yang diinginkan oleh Member sampai membuat janji temu.

Salah satu praktisi kedokteran, dr.Adam Prabata, turut memberikan pendapatnya. “Integrasi antara layanan kesehatan online dan offline serta didasari oleh kontinuitas data akan sangat membantu proses kesembuhan pasien menjadi lebih cepat dan efisien.

Menyaksikan langsung doctor chat demo yang ditampilkan Rey, saya kira akan sangat membantu para pelaku industri kesehatan menjalankan misi literasi kesehatan, yaitu menyadarkan masyarakat agar menjalankan hidup sehat dan segera melakukan pengobatan jika sakit serta tidak melakukan diagnosa diri sendiri.

Tidak harus mendatangi fasilitas kesehatan langsung untuk penyakit tertentu, cukup manfaatkan konsultasi online,” sebut dr.Adam.Perihal klaim yang sulit dan kurang transparan merupakan salah satu pain point yang telah diidentifikasi oleh Rey dari pengguna asuransi di Indonesia. Oleh karena itu, proses ini dimodifikasi agar menjadi sesederhana mungkin dan dapat dilakukan hanya dengan mengakses gadget Member saja.

Yang pertama adalah proses klaim sepenuhnya dilakukan  tanpa kertas (paperless) untuk rawat inap dan rawat jalan. Kemudian, proses klaim dapat dilakukan hanya dengan mengunggah foto dokumen medis yang diperlukan melalui aplikasi Rey.

Kedua, saat Member mengalami perawatan, segala proses mulai dari pre-admisi, admisi, hingga discharge akan ditemani oleh tim ReyCare. Untuk proses pre-admisi, Member pun dapat menghubungi tim ReyCare melalui chat yang tersedia pada aplikasi Rey.

Tujuannya agar segala proses dapat dipersiapkan lebih awal oleh tim ReyCare sehingga tidak ada lagi proses menunggu berjam-jam di rumah sakit karena kurangnya koordinasi antara rumah sakit dengan pihak asuransi.

Ketiga, Member juga dibekali dengan ReyCard, yaitu kartu pembayaran cashless yang dapat digunakan di rumah sakit dan penyedia kesehatan mana pun di seluruh Indonesia. ReyCard dapat digunakan pada mesin EDC apapun bertanda GPN, layaknya kartu kredit atau debit biasa ketika melakukan pembayaran. Dengan ReyCard, Member tidak perlu lagi merasa terbatas pada jaringan rumah sakit rekanan saja.

“Penyederhanaan dan digitalisasi proses klaim merupakan salah satu fokus kami di Rey karena mengetahui betapa rumitnya proses ini yang terjadi pada kondisi offline. Namun, untuk memastikan kenyamanan penggunaan layanan para Member, kami tetap memberlakukan human-assisted digital process dengan tim ReyCare yang siap membantu di setiap proses klaim,” urai Evan yang menguraikan latar belakang proses klaim pada Rey.

Fitur Kebugaran yang Tak Kalah Penting: ReyFit dan ReyCoin

ReyFit dan ReyCoin merupakan salah satu manifestasi dari visi Rey dalam meningkatkan kualitas kesehatan penggunanya. Dengan menginkorporasi fitur kebugaran dalam aplikasi Rey, kami ingin meningkatkan dan membantu para Member dalam memperbaiki gaya hidupnya menjadi lebih sehat dengan versi mereka sendiri. Terkait hal ini, Rey bahkan akan memberikan hadiah melalui fitur ReyCoin jika Member dapat memenuhi milestone kesehatan.

ReyFit dihadirkan tidak hanya bagi Member tapi juga dapat digunakan oleh user app yang belum menjadi Member. Ini adalah wujud manifestasi visi Rey yang ingin meningkatkan kesehatan penggunanya. Fitur ini akan memotivasi user mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat sehingga risiko kesehatan mereka menjadi lebih kecil.

Pada versi aplikasi yang telah di release sekarang, target harian yang dapat di track adalah mengukur jumlah langkah kaki dan tingkat hidrasi. Dua fitur ini merupakan kegiatan dasar yang dapat dijalankan sehari-hari  dengan mudah sehingga dapat digunakan oleh semakin banyak pengguna dengan berbagai tingkat kebugaran.

Sedangkan Fitur ReyCoin sebagai insentif khusus bagi pengguna yang sudah menjadi Member. Melalui ReyCoin, Member yang sudah mencapai target harian akan mendapat ReyCoin yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik yang mendukung kesehatan atau diskon membership Rey. Hal ini merupakan salah satu upaya Rey untuk membuat layanan tidak hanya digunakan untuk membantu proses penyembuhan namun juga untuk meningkatkan kebugaran dari para Member.

Didukung Teknologi Mumpuni

Memiliki teknologi yang canggih akan memungkinkan Rey menambah fitur layanan kesehatan dan dapat diakses dengan cepat sehingga para Member bisa mendapatkan keamanan, kemudahan, dan kenyamanan menggunakan keseluruhan layanan Rey.

Menutup rangkaian media launching Rey, Evan menambahkan, “Kami bangga mengumumkan bahwa Rey kini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang memperoleh sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 untuk cakupan Sistem Manajemen Informasi dalam penyediaan asuransi digital yang terintegrasi dengan ekosistem kesehatan.

Pencapaian ini kami peroleh hanya dalam waktu kurang dari 1 tahun sejak kami berdiri. Harapannya, Member Rey dapat lebih percaya karena data pribadi, data kesehatan, dan data telekonsultasi yang ada pada platform Rey dikelola sesuai dengan standar yang semestinya,” tutup Evan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA