Iklan
Iklan

Pilot Sering Pakai Kacamata Hitam saat Bertugas? Berikut Alasannya

- Advertisement -
Pilot enggak hanya harus makan makanan yang berbeda saat berada dalam penerbangan. Ada aturan tak tertulis lainnya yang menarik untuk diketahui traveler.

Pernahkah terlintas di benakmu, kenapa, ya, pilot memakai kacamata hitam saat sedang bertugas? Bukan buat gaya-gayaan, ternyata ini pentingnya kacamata hitam.

Dilansir dari kumparan, kacamata hitam bukan hanya sebagai item fesyen semata, tetapi juga sebagai alat pelindung bagi pilot dari teriknya matahari.

Ketika berada di udara apalagi di siang hari, sinar matahari seringkali menyilaukan mata para pilot. Sedangkan saat penerbangan, pilot membutuhkan pandangan yang jelas.

Karena itulah, mereka mengenakan kacamata hitam sebagai pelindung teriknya sinar matahari. Selain menyilaukan, sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV) rupanya juga berbahaya bagi jaringan kulit dan mata.

Makin Tinggi Pesawat, Makin Tinggi Pula Radiasi Sinar UV

Menurut sebuah jurnal Administrasi Penerbangan Federal (FAA), jumlah radiasi UV meningkat sekitar 5 persen untuk setiap ketinggian 1.000 kaki. Semakin tinggi pesawat berada di udara, maka semakin besar juga radiasi sinar UV.

Jika dihitung, jumlah radiasi UV di ketinggian 20.000 kaki adalah dua kali lipatnya di permukaan. Bisa dibayangkan seberapa panasnya sinar matahari bagi pilot saat berada di udara.

Lantas, apa yang melindungi pilot dari radiasi tersebut?

Jawabannya, kaca yang ada pada bagian kokpit pesawat ternyata didesain untuk meredam radiasi sinar UV ini. Oleh sebab itu, kaca tersebut biasanya dibuat agak sedkit gelap.

Meski demikian, biasanya diberikan kebebasan untuk membatasi jumlah paparan sinar UV, seperti halnya penggunaan kacamata hitam untuk melindungi penglihatan mereka.

Tak hanya itu, juga tak boleh sembarangan dalam memilih kacamata hitam. Mereka dilarang untuk menggunakan kacamata hitam yang tidak terpolariasi. Sebab, kacamata semacam ini ternyata bisa menimbulkan perbedaan jarak pandang yang dikhawatirkan akan mengancam keamanan penumpang pesawat itu sendiri.

Sementara itu, dengan kondisi medis tertentu diizinkan untuk menggunakan kacamata minus atau plus, sesuai dengan kebijakan maskapai masing-masing.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA