Pj Wali Kota Padang Dukung Program SLI untuk Peningkatan Ketahanan Pangan

- Advertisement -
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Harmadi Algamar, memberikan apresiasi terhadap Program Sekolah Lapangan Iklim (SLI) yang diinisiasi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerja sama dengan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Provinsi Sumatera Barat.

Program ini pertama kali diterapkan di Kota Padang melalui Kelompok Tani Faperta, dengan kegiatan penanaman benih padi perdana di RT 3 RW 1, Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan pada Selasa (11/6/2024). Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala Stasiun Klimatologi Sumatera Barat, Heron Tarigan, serta para pejabat terkait lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi program ini karena meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menghadapi perubahan iklim serta menjaga ketahanan pangan,” ungkap Andree Harmadi Algamar.

Beliau menambahkan bahwa SLI diharapkan dapat mengurangi dampak buruk dari peristiwa cuaca ekstrim seperti El Nino yang dapat mempengaruhi produksi pertanian dan mencegah alih fungsi lahan sawah di Kota Padang.

“Kota Padang masih mengandalkan pasokan bahan makanan pokok dari daerah sekitar. Melalui program SLI, kami berharap dapat meningkatkan produksi pangan lokal, yang pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian masyarakat,” tambahnya.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi Sumatera Barat, Heron Tarigan, program SLI ini akan berlangsung selama satu musim tanam dengan melibatkan 30 peserta. Kegiatan ini meliputi edukasi mengenai klimatologi, optimasi penggunaan tanaman dan pestisida, serta praktek langsung seperti pengamatan iklim dan monitoring pertumbuhan tanaman.

“Diharapkan program ini dapat berjalan lancar dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pendapatan petani,” tutupnya optimis.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA