Beranda INTERNASIONAL PM Israel Netanyahu Bantah Terlibat Korupsi

PM Israel Netanyahu Bantah Terlibat Korupsi

israel netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah kembali ke pengadilan dan mengaku tidak bersalah atas tuduhan korupsi karena persidangannya memasuki fase intensif enam minggu sebelum pemilihan.

Sidang hari Senin, yang ditunda beberapa kali karena pembatasan virus corona, adalah di mana dia harus menyampaikan tanggapan resminya atas tuduhan tersebut. Sesi selanjutnya akan fokus pada kesaksian dan bukti.

Netanyahu, perdana menteri Israel pertama yang didakwa, didakwa tahun lalu atas tuduhan menerima hadiah yang tidak pantas dan berusaha untuk memperdagangkan bantuan peraturan dengan raja media dengan imbalan liputan positif.

Pemimpin agresif berusia 71 tahun itu mengecam tuduhan itu sebagai “dibuat-buat dan menggelikan” menjelang penampilan pengadilan pertamanya pada bulan Mei dan mengklaim sebagai korban, membidik langsung ke jaksa agung pilihannya, Avichai Mandelblit .

israel netanyahu

Puluhan demonstran anti-Netanyahu berkumpul di luar luar pengadilan di Yerusalem.

“Tujuan tim kuasa hukumnya menanggapi dakwaan suap dalam tiga kasus terpisah. Sidang ini menetapkan jadwal utama persidangan, di mana Netanyahu mungkin harus hadir tiga kali seminggu,” katanya.

Jadwal persidangan dapat memaksa Netanyahu untuk hadir di pengadilan beberapa kali seminggu saat ia berkampanye menjelang pemilihan keempat Israel dalam waktu kurang dari dua tahun yang akan diadakan pada 23 Maret.

Ketika Netanyahu terakhir kali muncul di pengadilan sembilan bulan lalu, dia baru saja mendapatkan kemenangan politik, membentuk pemerintah koalisi dengan saingannya Benny Gantz setelah tiga suara yang tidak meyakinkan.

israel netanyahu

Tetapi koalisi yang penuh kebencian itu terbukti berumur pendek dan runtuh pada bulan Desember dengan Gantz mencap Netanyahu sebagai seorang pembohong.

Tidak jelas apakah persidangan ini akan merusak peluang pemilihan kembali perdana menteri. Tetapi kemungkinan dia akan berjuang untuk tetap menjadi pemimpin dalam pemilihan mendatang pada bulan Maret dan mungkin selama bertahun-tahun setelahnya. Jika dia menang, dia bisa mencoba mengamankan kekebalan parlemen atau mengesahkan undang-undang untuk membebaskan perdana menteri yang sedang menjabat dari persidangan.

Ketua parlemen Israel dan loyalis Netanyahu Yariv Levin bersikeras pengadilan harus “menunda” fase persidangan yang akan datang.

Melanjutkan sekarang “akan membantu campur tangan terang-terangan dalam pemilihan,” katanya kepada surat kabar sayap kanan Israel Hayom pada hari Minggu.

israel netanyahu

Levin mengatakan itu tidak adil bagi penuntut untuk mempresentasikan kasusnya selama kampanye, sementara bantahan pembela dijadwalkan setelah hari pemilihan.

Beberapa jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan partai Likud sayap kanan milik Netanyahu tetap menjadi partai terkuat dengan selisih yang nyaman, tetapi tidak pasti akan dapat membentuk mayoritas 61 kursi dengan sekutu konservatif dan religiusnya.

Untuk pertama kalinya dalam karir politiknya, Netanyahu juga menghadapi tantangan dari seorang pembelot Likud terkemuka Gideon Saar, yang memutuskan hubungan dengan perdana menteri untuk membentuk partai New Hope miliknya sendiri.