Beranda HUKUM Polisi: Kabar Rizieq Shihab Sakit adalah Bohong

Polisi: Kabar Rizieq Shihab Sakit adalah Bohong

Shihab
Kondisi kesehatan Rizieq Shihab disampaikan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono, dalam keadaan yang baik. Argo mengatakan Rizieq sudah diperiksa oleh dokter terkait kesehatannya tersebut.

“Kondisi Pak Muhammad Rizieq ya yang kita tahu, sudah menjalani penahanan di Bareskrim Polri ya sejak tanggal 14 Januari 2021 sudah dilimpahkan dari Polda Metro Jaya ke Bareskrim Polri. Kondisinya baik, sehat ya, sudah diperiksa oleh dokter,” ujar Argo kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Pemeriksaan kesehatan yang dijalani oleh Rizieq Shihab adalah pemeriksaan detak jantung serta tensi darahnya. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Polri nyatakan kondisi kesehatan Rizieq baik dan normal.

“Sudah diperiksa oleh dokter, jadi oksigen, kemudian suhu, detak jantung, tensi, semuanya normal, tadi sudah diperiksa,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. Ia menegaskan kondisi Rizieq Shihab di tahanan Bareskrim Polri dalam keadaan sehat.

“Kondisinya sehat walafiat. Jadi kalau ada isu sakit dan lain-lain itu bohong,” Rusdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/1).

Menurut Rusdi, tim dokter Bareskrim Polri memberikan penanganan media secara ketat dan profesional terhadap setiap tahanan. Termasuk untuk Rizieq Shihab.

“Sekarang masih ada di Bareskrim. Masalah kesehatan sekarang kondisinya baik,” ujar Rusdi.

Sebelumnya, kabar kesehatan Habib Rizieq menurun awalnya diungkapkan oleh Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Aziz Yanuar. “Alhamdulillah ala kulli haal, Habib masih sakit, mohon doanya untuk kesembuhan Habib,” kata Aziz, Sabtu (23/1).

Aziz mengatakan, Rizieq mendapatkan penanganan yang baik selama di Rutan. Dia pun mengapresiasi pelayanan kesehatan yang diberikan Polri kepada Rizieq.

Meskipun begitu, tim hukum Rizieq tetap berencana untuk membawa Rizieq ke RS Ummi, Bogor untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Seperti yang diketahui, RS Ummi merupakan RS tempat Rizieq melakukan swab test.

“Yang jelas kami apresiasi penanganan pihak Dokkes (Kedokteran dan Kesehatan) Mabes Polri terhadap HRS,” ujarnya.

“Belum tahu kapan ke RS Ummi-nya. Habib saat ini masih berada di tahanan rutan Bareskrim Mabes Polri,” lanjut Aziz.

Secara terpisah, Ichwan Tuankotta yang juga merupakan kuasa hukum FPI mengatakan, bahwa Rizieq mengalami sesak napas karena memiliki riwayat penyakit magh yang sudah akut, bukan riwayat jantung.

“Beliau sesak napas, karena asam lambungnya naik. Soalnya magh-nya rada akut,” kata Ichwan dikutip dari merdeka.com, Sabtu (22/1).

Ichwan juga membenarkan bahwa Rizieq harus menggunakan tabung oksigen agar bisa bernapas dengan baik.

“Iya benar, habib harus pakai tabung oksigen,” kata dia.