Iklan
Iklan

Puan Maharani Rayu Kaesang Dukung Ganjar Pranowo, PSI Sudah Duluan Mesra dengan Prabowo

- Advertisement -

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani mulai merayu Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang baru, Kaesang Pangarep, agar membawa partainya mendukung calon presiden Ganjar Pranowo pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Puan Maharani menegaskan bahwa PDIP selalu terbuka kepada pihak mana pun yang ingin ikut mendukung Ganjar.

“Lah kan saya selalu mengatakan bahwa PDIP selalu terbuka,” kata Puan usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Smesco Convention Hall Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2023.

Puan mengatakan kalau PDIP akan selalu bersilaturahmi dengan partai manapun. Akan tetapi, dia menyatakan menghormati strategi masing-masing partai.

“Memang sebuah partai itu mempunyai strateginya masing-masing dalam merangkul,” ujarnya.

Puan Maharani pun kemudian mengajak Kaesang agar bergabung dengan koalisi yang dibentuk PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo.

“Jadi kemudian ayo Mas Kaesang ikut PDI Perjuangan aja yuk,” ucapnya.

Kaesang akan serap aspirasi pimpinan daerah

Kaesang Pangarep resmi menjabat sebagai Ketua Umum PSI pada Senin kemarin, hanya dua hari setelah dia dipastikan bergabung dengan partai tersebut. Dia menggantikan Giring Ganesha yang sudah memimpin partai itu sejak 2020.

Kaesang pun menyatakan belum bisa menentukan arah dukungan partainya pada Pilpres 2024. Dia hanya menyatakan telah berkomunikasi dengan Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto sebelumnya.

“Pilihannya yang mana, ya nanti. Kebetulan keduanya kan sudah hadir di Podcast saya, sudah ngobrol pribadi juga,” ujarnya di Gedung Djakarta Theater, Jakarta Pusat, pada Senin malam, 25 September 2023.

Dia pun menyatakan masih menunggu aspirasi dari para pimpinan di daerah untuk menentukan arah dukungan tersebut.

PSI sebenarnya sempat mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Yenny Wahid pada Juni 2023. Hal itu, menurut mereka, merupakan hasil pooling yang mereka beri nama Rembuk Rakyat.

Akan tetapi, deklarasi dukungan itu dianulir pada Agustus 2023 setelah mereka tak diajak berkoalisi oleh PDIP. Dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) di Tenis Indoor Senayan, Jakarta, para kader partai itu meminta agar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI kembali melakukan penyerapan aspirasi.

Belakangan, partai dengan lambang kepalan tangan memegang bunga mawar itu terus menunjukkan sinyal kemesraan dengan calon presiden dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Kaesang pun sebelumnya sempat memberikan sinyal dukungan kepada Prabowo dengan memakai kaus dengan gambar Menteri Pertahanan tersebut.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA