Iklan
Iklan

Rakernas Mafia Peradilan yang Diungkap Jimly Asshiddiqie Dikecam Ahmad Sahroni

- Advertisement -

Penemuan adanya Rakernas mafia peradilan yang melibatkan aparat kepolisian, kejaksaan, hingga panitera diungkap Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie.

Jimly Asshiddiqie mengatakan, rakernas mafia peradilan tersebut digelar setiap satu tahun sekali. Dalam momentum ini, para mafia melaporkan berapa penghasilan yang didapat petugas dari memeras masyarakat.

Pernyataan Jimly ini mendapat tanggapan keras dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Sahroni menyebut, Komisi III mengecam keberadaan para mafiaperadilan ini dan menegaskan pihaknya akan berupaya membongkar pihak-pihak yang terlibat dalam aksi haram tersebut.

Komisi III juga akan berkordinasi dengan berbagai pimpinan institusi guna mengungkap semua pihak-pihak yang terlibat dalam dugaan mafia peradilan yang bergerak secara masif dan terstruktur tersebut.

“Kami di Komisi III sangat terkejut dan mengecam keberadaan para mafia pradilan ini. Kami juga akan membantu Prof Jimly lakukan koordinasi dengan Kapolri dan Jaksa Agung untuk membongkar para mafia,” kata Sahroni, Senin (6/11/2023)

“Karena dari pernyataan Prof, oknum yang terlibat ini bukan hanya satu atau dua orang saja, dan pergerakannya pun sudah sangat terstruktur dan lintas lembaga. Jadi kita akan minta atensi langsung dari pimpinan institusi untuk bantu mengusut jaringan tersebut. Karenanya Pak Jimly tolong sebutkan nama-namanya,” imbuhnya.

Sahroni kemudian menyebut bahwa pengusutan ini penting dilakukan karena menyangkut kepercayaan publik terhadap kinerja aparat penegak hukum.

Bahkan menurut Sahroni, jika ini dibiarkan berlarut, khawatir masyarakat jadi tidak percaya terhadap hukum di negara itu sendiri.

“Dugaan kasus ini tidak boleh sampai tenggelam, tidak boleh hanya buat gaduh, saya pastikan itu. Sebab kepercayaan masyarakat terhadap hukum tengah dipertaruhkan. Jangan buat masyarakat menjadi antipati terhadap sistem hukum di negaranya sendiri,” jelas Sahroni.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA