Beranda EKONOMI Rekam Jejak Nicke Widyawati 2 Periode Jadi Dirut Pertamina

Rekam Jejak Nicke Widyawati 2 Periode Jadi Dirut Pertamina

Nicke widyawati
Foto: tribunnews
Nicke Widyawati kembali dipercaya Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) untuk periode kedua. Pengukuhannya dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Pertamina.

Penunjukkan Nicke widyawati sebagai Dirut Pertamina untuk kedua kalinya melalui Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara No SK-199/MBU/09/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina yang ditandatangani pada Senin, 19 September 2022.

“Saya berterima kasih kepada seluruh perwira Pertamina atas kerja keras dan dukungannya. Semoga dalam periode kedua ini kita dapat terus memperkuat konsolidasi untuk melanjutkan transformasi perusahaan,” kata Nicke melalui keterangan tertulis, Senin (3/10).

Usai dipilih kembali menjadi Dirut, Nicke memastikan akan bergandengan tangan dengan seluruh jajaran direksi dan komisaris serta perwira Pertamina Group dalam melaksanakan tiga strategi utama di tahun ini yakni meningkatkan kinerja bisnis migas eksisting, menjalankan transisi energi, dan pengembangan energi baru terbarukan.

“Kami akan melanjutkan transisi energi dengan inisiatif dan agenda strategis untuk menjamin ketahanan energi di masa depan, sekaligus mengejar aspirasi pemegang saham yakni mencapai market value sebesar 100 billion USD,” pungkas Nicke, dikutip dari kumparan.

Tidak hanya Pertamina, ternyata Nicke juga telah menjajaki kursi kepemimpinan di berbagai perusahaan pelat merah sebelumnya. Berikut rangkuman rekam jejak jabatan Nicke di BUMN.

Pertamina

Sebelum menjadi dirut, dia pernah menjadi Direktur SDM Pertamina pada 27 November 2017. Dia juga pernah menjadi Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina pada Februari 2018.

Nicke pertama kali menjabat sebagai Dirut Pertamina pada 29 Agustus 2018 berdasarkan Surat Keputusan RUPS SK 232/MBU/08/2018, tanggal 29 Agustus 2018. Kala itu, Menteri BUMN masih dipimpin oleh Rini Soemarno. Sebelumnya, dia lebih dulu menjadi Plt. Dirut Pertamina pada 20 April 2018 usai Rini mencopot Elia Massa Manik dari kursi perusahaan.

BACA JUGA  Berhenti Produksi, Lays Hingga Cheetos Tak ada di Indonesia Mulai Agustus 2021 Nanti

Saat ini, Nicke widyawati menjadi dirut yang awet menduduki kursi Pertamina setelah Karen Agustiawan yang pernah memimpin selama 1 periode penuh pada 2009-2014. Jika dihitung dengan jabatan direktur lain di Pertamina, Nicke tercatat lebih lama lagi.

PLN

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga pernah berkarier di BUMN energi lain yakni PLN sejak 2014 dengan jabatan yang pernah diduduki yaitu Direktur Perencanaan Korporat PLN dan Direktur Pengadaan Strategis 1 PLN.

Anak Usaha PT Pupuk Indonesia

Di BUMN lain, Nicke juga pernah menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra, anak usaha PT Pupuk Sriwijaya, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). Dia juga tercatat sempat menjadi Direktur Bisnis dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di PT Rekayasa Industri (Rekind), anak usaha PT Pupuk Indonesia.

Facebook Comments

Artikulli paraprak5 Makanan Khas Semarang Terenak dan Bikin Nagih
Artikulli tjetërRasyiqa 2022 Ingatkan Jebakan Friendzone dalam ‘I’ve Had Enough’