Iklan
Iklan

Ridwan Kamil: Tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung Sekitar Rp 300 Ribu

- Advertisement -
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membocorkan tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tidak berbeda jauh dengan Kereta Argo Parahyangan. Tarif kereta cepat komersial dipatok sekitar Rp 300 ribu.

“Gratis, setelah (komersial) mendekati angka Rp 300.000-an,” ujar Ridwan Kamil saat ditemui di Djakarta Theater, dikutip dari kumparan, Sabtu (24/6).

Sebelum komersial, pemerintah akan memberlakukan pendaftaran tiket gratis Kereta Cepat. Ridwan Kamil menyebut Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sedang memfinalisasi teknis pendaftaran.

“Iya sampai Oktober (tiket gratis), kemarin belum detail harinya. Bisa dua bulan, bisa tiga bulan,” tuturnya.

Kang Emil, panggilan akrabnya, mengatakan kuota tiket gratis dibatasi hanya untuk 600 orang. Sesuai arahan Presiden Jokowi, Emil memastikan tiket gratis diprioritaskan untuk masyarakat yang tinggal di wilayah sepanjang rel KCJB.

“Engga (undangan), gini kan sekali berangkat 600 orang, jadi pasti terbatas. Intinya tunggu aja, sedang difinalisasi oleh tim Pak Luhut bagaimana teknis mendaftar coba kereta api cepat bagi masyarakat,” imbuh Emil.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan tarif KCJB masih terjangkau bagi masyarakat, yakni tidak jauh berbeda dengan Kereta Api (KA) Argo Parahyangan.

General Manager Property & Non-Farebox Business Development KCIC, Devin Pranata, mengatakan saat ini kisaran tarif kereta cepat tersebut masih dibahas oleh para konsultan Polar UI.

“Dibandingkan dengan Argo Parahyangan itu kurang lebih akan mirip. Jadi enggak akan membebani penumpang untuk beli tiket kereta cepat. Beti-beti (beda tipis),” ujar Devin di Stasiun KCIC Halim, Rabu (14/6).

Devin menyebut, tarif KCJB akan disesuaikan berdasarkan 3 kelas yakni premium ekonomi, second class, dan yang paling mahal adalah first class. Selain itu, tarif ini juga dibanderol variatif berdasarkan jarak.

“Misalkan dari Halim ke Karawang pastinya lebih murah dibandingkan dengan harga terjauh. Harga terjauh sedang dikaji sehingga nanti kepastian harganya akan diinformasikan lebih jauh,” jelas dia.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA