Iklan
Iklan

Satu Tahun Sudah 3 Bocah di Solok Selatan Tewas, Pelaku Tak Kunjung Ditangkap

- Advertisement -
Tiga orang bocah di Solok Selatan meregang nyawa secara tidak wajar sekitar satu tahun lalu. Namun, hingga kini penyidik dari kepolisian tak kunjung mengungkap kasus ini termasuk menetapkan tersangka.

Penyidik kepolisian menyebut hingga kini masih koordinasi terkait tewasnya tiga bocah malang tersebut, padahal sebelumnya polisi mengaku akan segera menetapkan tersangka.

Dikutip dari langgam.id bahwa hingga hari ini, Jumat (7/10/2022), penyidik belum menetapkan tersangka dibalik kematian kakak beradik tersebut. Padahal tiga bocah itu diduga mendapat tindakan penganiayaan.

Hal ini dibuktikan dari hasil pembongkaran makam dan dilakukan uji sampel jenazah di laboratorium forensik Mabes Polri. Para korban, yakni Daffa Saputra (8), Muhammad Fadli (6) dan Muhammad Hafis (2,5).

Kasat Reskrim Polres Solok Selatan, Iptu Sudirman mengakui, pihaknya masih belum menetapkan satu orang pun tersangka dalam kasus ini. Pihak kepolisian masih terus melakukan penyidikan.

“Hari ini kami kembali koordinasi dengan Kabag Wassidik Polda Sumbar. Kami tidak bisa terlepas dari Polda. Koordinasi dilakukan untuk upaya penetapan tersangka,” ujar Sudirman dikutip dari Langgam.id, Sabtu (8/10/2022).

Dia mengatakan, pihak kepolisian tidak bisa serta-merta menetapkan seseorang sebagai tersangka. Penetapan tersangka harus memiliki dua alat bukti yang cukup.

“Sekarang baru satu alat bukti (hasil sampel jenazah). Kami harus gelar dulu, tidak bisa menentukan langsung tersangka. Gelar juga harus dihadiri pihak internal dan eksternal,” ujarnya.

Penyidikan kasus ini, kata Sudirman, pihaknya juga akan meminta keterangan dua saksi ahli. Saksi ahli itu di antaranya ahli pidana dan dokter spesialis penyakit dalam.

“Karena ketiga anak ini meninggal kejang-kejang. Apakah ada penyebab kematian kejang-kejang. Memang hasil laboratorium forensik Mabes Polri sudah keluar, hasilnya sama,” jelasnya.

Ia menyebutkan, pihaknya sebelumnya juga telah meminta keterangan dokter di Rumah Sakit Bhayangkara Padang. Semua keterangan yang disampaikan dokter dari hasil visum sama.

“Semua hasil keterangan forensik sama, tidak ada yang berbeda,” ujarnya.

Sudirman berjanji segera menuntaskan kasus ini setelah dirinya mengemban amanah sebagai Kasat Reskrim yang baru di Polres Solok Selatan. Karena kasus ini menjadi perhatian masyarakat.

“Saya kan baru, ini perkara unik. Saya janji ingin segera menuntaskan perkara ini. Kami selanjutnya akan secepatnya kembali gelar perkara bagaimana kelanjutan perkara ini,” katanya.

Seperti diketahui, tiga bocah ini meninggal dunia secara tidak wajar pada 30 Agustus 2021. Mereka sebelumnya dalam pengawasan atau diasuh bersama kakek tiri dan nenek kandungnya.

Pada mulanya, tiga bocah ini meninggal diduga karena keracunan makanan. Uji sampel terhadap makanan yang dicurigai sebagai penyebab telah dilakukan BBPOM di Padang.

Namun hasil uji sampel makan diketahui tidak mengandung racun atau arsen dan sianida. Sampel yang diperiksa yaitu makanan ringan dan kerupuk.

Saat dinyatakan meninggal dunia, orang tua ketiga bocah tersebut sempat menolak untuk dilakukan otopsi. Namun setelah hasil uji sampel makanan negatif, orang tua korban menyetujui dilakukan otopsi sehingga makam dibongkar.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA