Beranda FENOMENA LANGKA Viral! Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Lampung Air Laut Surut

Viral! Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Lampung Air Laut Surut

Ikan Naik
Illustrasi
Kabar yang cukup menghebohkan jagat maya baru saja terjadi di perairan pesisir Bandar Lampung dan Lampung Selatan. Ribuan ikan naik ke daratan, fenomena unik ini kini menjadi perhatian serius Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Panjang.

BMKG kemudian memberi penjelasan mengenai fenomena unik ribuan ikan naik ke daratan tersebut.

Menurut BMKG Maritim Panjang, fenomena ribuan ikan kecil yang naik ke permukaan laut di pesisir pantai Tarahan, Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada Jumat malam (7/10/2022) tidak ada kaitannya dengan bencana alam.

“Fenomena ini normal, hal yang biasa yang terjadi, tapi memang dalam tahun ini kejadian seperti itu baru satu kali terjadi di provinsi ini,” ujar Forecaster BMKG Maritim Panjang, Eka, Sabtu (8/10/2022).

Peristiwa ikan naik ke permukaan memang dibarengi dengan surutnya air laut. Namun begitu pasang surut air laut yang terjadi pada Jumat malam merupakan fenomena biasa.

Ia mengatakan bahwa pada malam peristiwa tersebut ketinggian air laut maksimal mencapai 1,5 meter sekitar pukul 19.00 WIB, kemudian untuk air surut minimum ada di ketinggian 0,8 meter.

Sementara itu ikan naik ke permukaan berbarengan air laut surut di ketinggian 1,1 meter sekitar pukul pukul 22.00 WIB.

“Berdasarkan pantauan kami surutnya air laut secara bertahap dan itu normal. Air tidak langsung menyusut seperti akan terjadi bencana. Jadi fenomena ini juga bukan didasari dengan gempa bumi,” ujarnya.

Penyebab fenomena ikan naik ke permukaan laut, ia menyebutkan beberapa kemungkinan seperti kondisi gelap bulan, sedangkan pada dermaga yang ada di tepi laut terang sehingga ikan mengikuti cahaya itu.

“Kemudian bisa jadi dikarenakan naiknya arus air laut dari dasar ke permukaan. Jadi terjadinya pasang surut yang dibarengi ribuan ikan kecil ikut ke permukaan laut Jumat malam adalah normal. Bukan menandakan akan terjadi bencana alam,” jelasnya.

BMKG meminta masyarakat yang ada di pesisir Lampung tidak memiliki rasa khawatir yang berlebih atas adanya fenomena tersebut.

“Saya harap masyarakat tetap tenang, sebab biasanya bila fenomena itu akan menyebabkan bencana alam, air laut akan surut dengan cepat, tapi peristiwa itu tidak demikian air laut surut dan pasangnya pun perlahan,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan bahwa ikan yang naik ke daratan di pantai pesisir Lampung itu dikarenakan tergiring oleh jaring salah satu nelayan setempat.

“Hasil pengecekan yang dilakukan anggota pangkalan Polairud Batu Payung di Dermaga PT Sarana Mitra Beton (SMB) murni karena tergiring oleh nelayan yang menggunakan jaring untuk mencari ikan,” ujarnya.

Sebelumnya, Warga di Pesisir Panjang, Bandarlampung dikagetkan dengan munculnya ribuan ikan yang naik ke dataran pantai pada Jumat malam.

Fenomena tersebut tersebut melalui sebuah video ke pesan WhatsApp masyarakat Lampung. Fenomena tersebut juga serupa terjadi di pesisir Tarahan, Lampung Selatan.

Facebook Comments

Artikulli paraprakSatu Tahun Sudah 3 Bocah di Solok Selatan Tewas, Pelaku Tak Kunjung Ditangkap
Artikulli tjetërModel Italia, Eva Menta Selalu Posting Konten Panas