Beranda ENTERTAINMENT Seorang Jurnalis Kritik Kaesang Pangarep, Dinilai Lakukan Perampasan Budaya Papua

Seorang Jurnalis Kritik Kaesang Pangarep, Dinilai Lakukan Perampasan Budaya Papua

Kaesang Pangarep
Kaesang Pangarep menuai kritik tajam dari salah seorang jurnalis bernama Arnold Belau dan aktivis Veronica Koman terkait foto prewedding-nya yang mengenakan busana adat Papua beberapa waktu lalu. Putra bungsu Presiden Jokowi itu disebut melakukan apropriasi atau sama halnya dengan perampasan terhadap budaya Papua karena mengenakan pakaian yang tidak sesuai.

Mulanya, Arnold Belau melalui akun Twitter-nya membuat cuitan mengomentari foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Menurut Arnold, pakaian Kaesang tidak sesuai dengan adat sebenarnya. Pasalnya melihat Noken khas Wamena yang dipakai Kaesang harusnya dipadukan dengan Koteka dan bukannya Sali.

“Foto prewedding @kaesangp: Noken khas Wamena. Harusnya pake koteka. Bukan sali. Di Wamena sali biasanya hanya dipake oleh perempuan. Sali/cawat yg di foto itu khas pesisir pantai selatan (mimika we, Asmat, Merauke dan sekitarnya). Mungkin konsepnya yg penting Papua,” tulis Arnold Belau pada Minggu (4/12).

Sebagai informasi, kata apropriasi sendiri bermakna negatif. Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa apropriasi juga bisa disebut sebagai tindak perampasan. Budaya yang terampas biasanya berasal dari kelompok yang terdiskriminasi, minoritas, atau keberadaannya kurang tersorot, misal Papua.

Twitter

Cuitan Arnold Belau ini pun langsung viral dan mendapat beragam komentar dari warganet. Pro kontra pun memenuhi kolom komentar cuitan Arnold di Twitter.

Salah satunya yang sependapat dan ikut memberi kritik pada Kaesang Pangarep adalah aktivis Veronica Koman. Perempuan yang juga mereupakan pengacara HAM itu menyebut Kaesang terkesan asal-asalan saat melakukan foto prewedding menggunakan tema adat Papua.

“Contoh textbook apropriasi budaya: @kaesangp ga pernah bicara soal penderitaan Orang Papua, tau2 pake pakaian adat Papua, secara asal-asalan pula,” sentil Veronica Koman yang memang cukup vokal menanggapi isu-isu isu pelanggaran HAM khususnya di Papua.

BACA JUGA  Model Sassha Carissa Diperiksa di Polda Jabar Terkait Kasus Prostitusi

Di bawah cuitannya tersebut, Veronica juga menunjukkan komentar dari orang-orang Papua yang protes melihat foto prewedding Kaesang Pangarep. Veronica juga sampai berdebat dengan warganet yang agaknya kurang setuju dengan pendapatnya.

“SETIDAKNYA DIA MILIH JADI ORANG PAPUA SAAT PREWEDDING, DARIPADA KAU SAAT PREWED MUNGKIN MILIH JADI BARBIE CKCKCKCKC,” komentar netter. “Maksud?? Gw sehari2 emang udah kek barbie ngapain cosplay lagi,” balas Veronica.

Facebook Comments

Artikulli paraprakDhio Daffa Akui Gelapkan Rp400 Juta Uang Orang Tua
Artikulli tjetërDua Orang Tewas dalam Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar, Identitas Pelaku Terkuak